Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penentuan Nilai Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan di Kawasan Industri Kabupaten Purbalingga (Determining The Maximum Value Of Speed Limit For Industrial Area In Purbalingga Regency)

ARITONANG, Fitri Br (2019) Penentuan Nilai Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan di Kawasan Industri Kabupaten Purbalingga (Determining The Maximum Value Of Speed Limit For Industrial Area In Purbalingga Regency). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-2019.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-2019.pdf.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB 1-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB 3-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB 4-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB 5-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fitri Br Aritonang-H1D014001-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penetapan batas kecepatan maksimum kendaraan di kawasan industri Kabupaten Purbalingga dipengaruhi oleh adanya faktor hambatan samping dan faktor pemilihan kecepatan oleh pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.111 Tahun 2015 tentang tata cara penetapan batas kecepatan maksimum kendaraan, untuk kawasan industri di jalan kolektor primer pada jam shift karyawan adalah 40 km/jam, di luar jam kerja karyawan kecepatan paling tinggi 80 km/jam untuk roda empat atau lebih dan untuk sepeda motor 50 kilometer per jam. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan urutan parameter yang mempengaruhi pemilihan kecepatan oleh pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil dengan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), menentukan nilai batas kecepatan maksimum kendaraan pada jam berangkat pabrik dan pada jam kerja pabrik, dengan metode percentile 85 dan skala likert, dan mengestimasi jumlah pengguna kendaraan yang melaju melebihi batas kecepatan (speeding). Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Purbalingga yaitu Jl. Jend. Ahmad Yani (PT. Boyang Industrial), Jl. Perintis (PT. Sung Chang Indonesia), Jl. Raya Padamara (PT. Shinhan Creatindo). Berdasarkan hasil analisis didapatkan parameter yang mempengaruhi pemilihan kecepatan untuk pengendara sepeda motor adalah faktor kendaraan dengan urutan pertama, lalu diikuti oleh faktor pengemudi, faktor jalan, faktor kondisi lalu lintas, faktor risiko tabrakan dan luka-luka, penegasan dan sanksi, faktor zona kecepatan, dan urutan yang terakhir faktor edukasi atau promosi. Parameter yang mempengaruhi pemilihan kecepatan untuk pengemudi mobil faktor kendaraan dengan urutan pertama, lalu diikuti oleh faktor jalan, faktor pengemudi, faktor kondisi jalan, faktor zona kecepatan, faktor risiko tabrakan dan luka-luka, penegasan dan sanksi, dan urutan yang terakhir faktor edukasi atau promosi. Nilai batas kecepatan maksimum kendaraan di kawasan industri Kabupaten Purbalingga untuk dipisahkan median adalah 27 km/jam untuk jam berangkat (jam shift); dan tidak dipisahkan median adalah 31 km/jam, jam kerja (jam di luar shift) untuk dipisahkan median 30 km/jam; dan tidak dipisahkan median adalah 39 km/jam untuk kendaraan roda 2 atau roda 3, dan 35 km/jam untuk kendaraan roda 4 atau lebih. Persentase jenis kendaraan yang melakukan speeding pada jam berangkat didominasi oleh sepeda motor, mobil penumpang dan pickup, sedangkan pada jam kerja didominasi oleh sepeda motor, mobil penumpang, pickup dan truk kecil. th

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19031
Uncontrolled Keywords: industri, batas kecepatan, percentile 85 th , skala likert, Analitycal Hierarchy Process (AHP), speeding
Subjects: H > H132 Highway engineering
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:50
Last Modified: 08 Nov 2019 07:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item