Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Empat Taraf Konsentrasi Kitosan dan Temperatur terhadap Daya Simpan Tomat (Solanum Lycopersicum L.) Varietas Tymoti

TANTO, Tanto (2016) Pengaruh Empat Taraf Konsentrasi Kitosan dan Temperatur terhadap Daya Simpan Tomat (Solanum Lycopersicum L.) Varietas Tymoti. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (905kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (924kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buah tomat (Solanum lycopersicum L.) merupakan salah satu komoditas holtikultura yang multiguna dan sifatnya mudah rusak. Kitosan adalah salah satu bahan pelapis alami yang dapat digunakan untuk mempertahankan daya simpan buah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi kitosan dan temperatur terhadap daya simpan tomat (Solanum lycopersicum L.) varietas Tymoti. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah mengetahui konsentrasi kitosan yang memberikan efektivitas terbaik terhadap daya simpan tomat (Solanum lycopersicum L.) varietas Tymoti. Serta mengetahui temperatur yang memberikan efektivitas terbaik terhadap daya simpan tomat (Solanum lycopersicum L.) varietas Tymoti. Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Agronomi dan Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto pada Februari 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi kitosan yang terdiri dari 4 taraf yaitu: tanpa perlakuan (kontrol), 1 ppm, 2,5 ppm, 5 ppm; dan temperatur yang terdiri dari 2 taraf yaitu temperatur ruang (26,60 oC) dan temperatur rendah (15 oC). Variabel pengamatan meliputi susut bobot, kadar vitamin C, kekerasan buah, Total Padatan Terlarut (TPT), umur simpan, tekstur, warna, kesukaan, dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi kitosan berpengaruh nyata terhadap masa simpan buah tomat. Konsentrasi yang memberikan pengaruh terbaik yaitu konsentrasi 5 ppm. Perlakuan temperatur berpengaruh nyata terhadap daya simpan buah tomat. Temperatur yang memberikan pengaruh terbaik yaitu temperatur rendah 15 oC. Kombinasi perlakuan yang memberikan pengaruh terbaik yaitu kombinasi 5 ppm dengan temperatur rendah 15 oC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16245
Uncontrolled Keywords: Penanganan Pasca Panen, Penyimpanan Buah
Subjects: F > F413 Fruit Preservation
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:27
Last Modified: 05 Apr 2022 06:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item