Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Dokumen Sistem Manajemem Mutu SNI ISO 9001:2008 dan Penilaian Mutu Virgin Coconut Oil (VCO) pada UMKM Binamitra Perkasa, Cilacap

IZZATI, Naely (2016) Implementasi Dokumen Sistem Manajemem Mutu SNI ISO 9001:2008 dan Penilaian Mutu Virgin Coconut Oil (VCO) pada UMKM Binamitra Perkasa, Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (953kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (980kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA merupakan bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang bertujuan sebagai pasar tunggal dan berbasis produksi arus barang, jasa, modal, investasi dan tenaga kerja yang bebas. Oleh karena itu, peningkatan kualitas suatu produk perlu dilakukan agar dapat bersaing. UMKM Binamitra Perkasa merupakan salah satu produsen Virgin Coconut Oil (VCO) di Kabupaten Cilacap. VCO merupakan produk yang memiliki banyak permintaan pasar, namun masih banyak VCO dipasaran yang belum memenuhi standar mutu. Implementasi dokumen sistem manajemen mutu pada UMKM merupakan langkah awal untuk menghasilkan VCO yang memenuhi standar mutu SNI, sehingga produk dapat bersaing khususnya dalam menghadapi MEA. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengkaji kesesuaian implementasi dokumen sistem manajemen mutu dengan penerapan di UMKM, 2) Menilai mutu VCO berdasarkan SNI 7381:2008, 3) Mengetahui hasil implementasi dokumen sistem manajemen mutu terhadap kualitas VCO, sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan sistem manajemen mutu dalam UMKM. Penelitian ini dilaksanakan mulai September hingga Desember 2015. Langkah awal dalam penelitian ini adalah melakukan survey dan wawancara langsung dengan pihak UMKM terkait implementasi dokumen sistem manajemen mutu kemudian diikuti dengan penilaian kondisi awal, penyusunan dokumen, pengimplementasian dokumen dan penilaian hasil implementasi. Penilaian dilakukan dengan menggunakan gap analysis checklist yang telah disesuaikan dengan persyaratan ISO 9001:2008. Analisis data penilaian kemudian dianalisis dengan uji T (Paired Sample T-Test) pada program aplikasi SPSS 16.0, sedangkan pada hasil uji laboratorium VCO yang diuji lab di Balai Sertifikasi Mutu dan Barang, Surakarta akan dideskripsikan. Hasil implementasi dokumen sistem manajemen mutu mengalami peningkatan rata-rata sebesar 72.4% yang menunjukkan bahwa implementasi sudah berjalan dengan baik. Sedangkan pada kualitas VCO masih terdapat yang belum memenuhi persyaratan mutu SNI 7381:2008 seperti kadar air, asam lemak kaproat, asam lemak kaprilat, asam lemak myristat, asam lemak linoleat, asam lemak linolenat dan cemaran tembaga. Oleh karena itu, perbaikan pada setiap klausul sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan proses pengolahan VCO perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas produk VCO yang dihasilkan UMKM Binamitra Perkasa, sehingga dapat bersaing khususnya dalam menghadapi MEA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16355
Uncontrolled Keywords: Dokumen Sistem Manajemem Mutu, SNI ISO 9001:2008, Virgin Coconut Oil (VCO), Cilacap
Subjects: M > M35 Management
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:41
Last Modified: 12 Apr 2022 07:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15495

Actions (login required)

View Item View Item