AMMARIVANI, Fakhri (2022) Pengembangan Model Pemilihan Moda antara Kendaraan Pribadi dan BRT Trans Jateng Koridor I (Bulupitu – Bukateja) dengan Metode Stated Preference. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Download (366kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fakhri Ammarivani-H1B017049-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga mengakibatkan kepemilikan kendaraan pribadi terus meningkat, sehingga kepadatan lalu lintas juga mengalami peningkatan. Beroperasinya BRT Trans Jateng Koridor I diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas. Akan tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Aliandra (2020), masih terdapat sebagian masyarakat yang tidak mau berpindah menggunakan BRT Trans Jateng dan belum diketahui preferensi pemilihan moda pengguna kendaraan pribadi yang belum pernah menggunakan BRT Trans Jateng terhadap moda BRT Trans Jateng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang dapat mempengaruhi pengguna kendaraan pribadi agar mau berpindah mengggunakan BRT Trans Jateng serta untuk mengetahui model dan probabilitas pemilihan moda antara kendaraan pribadi dan BRT Trans Jateng. Metode yang digunakan adalah stated preference dan logit binomial selisih. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan program M.S Excel 2019 dan SPSS. Penelitian ini menggunakan 16 kombinasi atribut dengan atribut yang diuji adalah X1 (konektivitas antar moda), X2 (dampak lingkungan), X3 (waktu tempuh), dan X4 (tarif). Berdasarkan pengolahan data didapatkan bahwa semua atribut yang diuji berpengaruh bagi pengguna sepeda motor dengan parameter yang sensitif adalah X2 (dampak lingkungan). Untuk model persamaannya adalah UBRT – USM= 1.915 + 0.033X1 + 0.076X2 – 0.054X3 – 0.0003X4 dengan probabilitas pengguna sepeda motor berpindah ke BRT Trans Jateng saat kondisi level positif (maksimal) adalah 76.9% dan sisanya 23.1% tetap menggunakan sepeda motor. Sedangkan untuk pengguna mobil pribadi, semua atribut yang diuji berpengaruh bagi pengguna mobil pribadi dengan parameter yang sensitif adalah X3 (waktu tempuh). Untuk model persamaannya adalah UBRT – UMP = 2.296 + 0.039X1 + 0.074X2 – 0.075X3 – 0.0004X4 dengan probabilitas pengguna mobil pribadi berpindah ke BRT Trans Jateng saat kondisi level positif (maksimal) adalah 74.3% dan sisanya 25.7% tetap menggunakan mobil pribadi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22069 |
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan moda, stated preference, Bus Rapid Transit (BRT), transportasi pribadi |
Subjects: | C > C1019 Customer relations H > H133 Highway transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Fakhri Ammarivani |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 01:13 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 01:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15573 |
Actions (login required)
View Item |