SARI, Mirna Oktavia (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto (Studi Menggunakan Metode Donabedian). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Download (189kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-MIRNA OKTAVIA SARI-C2C020014-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tentang kepuasan pelayanan gigi di Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto (Studi Menggunakan Metode Donabedian)”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh aspek structure, process, dan outcome dengan Metode Donabedian terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan populasi pemelitian merupakan seluruh pasien yang sedang melakukan rawat jalan di Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus interval penaksiran sebanyak 100 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, yang sebelumnya harus dilakukan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik terlebih dahulu. Selain itu, dalam penelitian ini juga menggunakan Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan IBM SPSS versi 25 menunjukkan bahwa: (1) Aspek structure berpengaruh terhadap kepuasan pasien, (2) Aspek process berpengaruh terhadap kepuasan pasien, (3) Aspek outcome berpengaruh terhadap kepuasan pasien, (4) Aspek structure, process,dan outcome berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien; (5) Aspek process adalah aspek yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Selain itu hasil dari Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa terdapat 5 hal yang perlu diperbaiki oleh Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto diantaranya yaitu kelengkapan dan kecangihan fasilitas khususnya rontgen gigi, pencatatan data pasien yang akan melakukan operasi gigi, janjian perawatan bagi pasien yang mendaftar secara offline, dan pembiayaan layanan gigi. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dalam upaya meningkatkan kepuasan para pasien di Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto, pihak manajemen sebaiknya memperhatikan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan perceived quality (kualitas yang diterima) dan perceived value (nilai yang diterima pasien) terutama dalam 5 hal yang perlu diperbaiki kedepannya. Upaya yang dapat dilakukan adalah melengkapi peralatan rontgen gigi, pencatatan data pasien secara online seluruhnya, memperbaiki janjian perawatan untuk seluruh pasien baik online maupun offline, serta biaya layanan gigi di Klinik Gigi Eksekutif RSU Dadi Keluarga Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222097 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Kesehatan, Structure, Process, Outcome, Donabedian, Kepuasan Pasien |
Subjects: | H > H55 Health facilities P > P103 Patients |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs MIRNA OKTAVIA SARI |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:01 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16079 |
Actions (login required)
View Item |