DEWI, Nadira Rizky Candra (2022) Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Kedisiplinan Belajar dan Ketaatan Beribadah Siswa SMAN 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Download (695kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2023. Download (873kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2023. Download (751kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2023. Download (982kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Download (691kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Download (727kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadira Rizky Candra Dewi-F1A017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
Abstract
Smartphone sudah menjadi bagian penting dari aktivitas sehari-hari siswa. Hadirnya smartphone mampu memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengakses informasi yang dibutuhkan. Namun, smartphone diduga memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan belajar dan ketaatan beribadah siswa selama berada di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan smartphone terhadap kedisiplinan belajar siswa SMAN 4 Purwokerto serta menjelaskan pengaruh penggunaan smartphone terhadap ketaatan beribadah siswa SMAN 4 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode survei. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XII IPS dan IPA SMAN 4 Purwokerto. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 78 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket melalui google form. Data yang didapat diolah menggunakan alat uji analisis Korelasi Tau Kendall dan regresi logistik ordinal. Karena situasi pandemi Covid-19, angket dibagikan kepada responden melalui google form. Penyebaran angket dilakukan dengan dibantu pihak sekolah. Kemudian, angket dibagikan kepada masing-masing wali kelas XII untuk dibagikan kepada responden yang terpilih menjadi sampel penelitian melalui cara pengundian. Data yang diperoleh peneliti diambil secara online melalui google form dan secara offline yaitu dengan membagikan angket kepada responden di kelas setelah kegiatan pembelajaran berakhir. Pengambilan data melalui google form dilakukan pada tanggal 23-25 Juni 2021 karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara online selama Pandemi Covid-19. Sementara angket dibagikan kepada responden ditanggal 2-12 Juli 2021 karena sistem pembelajaran yang diterapkan menggunakan sistem hybrid yaitu sistem pembelajaran yang menggabungkan antara pertemuan tatap muka dengan pembelajaran secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variabel penggunaan smartphone (X) terhadap variabel kedisiplinan belajar (Y1). Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai uji wald (regresi logistik ordinal) yang diperoleh sebesar 0,740. Nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan sebesar 0,05 (0,740>0,05). Kehadiran smartphone tidak mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Penerapan tata tertib sekolah dan memiliki rasa kesadaran diri untuk belajar adalah faktor yang lebih berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variabel penggunaan smartphone (X) terhadap variabel ketaatan beribadah (Y2). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai uji wald (regresi logistik ordinal) yang diperoleh sebesar 0,831. Nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan sebesar 0,05 (0,831>0,05). Kesadaran diri dan motivasi dari orang tua dan guru adalah faktor yang memengaruhi ketaatan beribadah responden. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah bagi pihak sekolah ketegasan tata tertib sekolah hendaknya tetap dipertahankan dan bagi siswa diterapkan batasan waktu dalam penggunaan smartphone secara tegas serta konsisten supaya siswa bisa belajar dengan baik dan mengutamakan kesadaran menjalankan ibadah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22195 |
Uncontrolled Keywords: | Smartphone, kedisiplinan belajar, ketaatan beribadah |
Subjects: | I > I258 Internet in education S > S430 Social conditions S > S761 Student activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Nadira Rizky Candra Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 10:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 10:29 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16825 |
Actions (login required)
View Item |