DAILY, Surury (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI IPS B PPI 67 Benda Menggunakan Media Video Teater. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-2022.pdf Download (255kB) |
|
PDF (Legalitas)
FILE LEGALITAS-SURURY DAILY-J1D018002-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-2022.pdf Download (215kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2023. Download (342kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2023. Download (562kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2018.pdf Download (219kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2022.pdf Download (340kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN-Surury Daily-J1D018002-Skripsi-Pendidikan-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tidakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai menulis naskah drama siswa pada siswa kelas XI IPS B PPI 67 Benda dan kurangnya antusias, konsentrasi, dan percaya diri siswa saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama menggunakan media video teater dan mengetahui perubahan perilaku belajar siswa setelah dikenai tindakan. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melaksanakan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes menulis naskah drama, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media video teater siswa sangat antusias, konsentrasi, menunjukkan percaya diri. Pada siklus I perubahan perilaku belajar siswa yaitu pada siklus I 95,99% sudah menunjukkan perubahan perilaku, pada siklus II 100% siswa sudah menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Hasil belajar siswa meningkat, hasil prasiklus rata-rata menulis yaitu 58,51%, siklus I rata-rata menulis naskah drama yaitu 70,08, dan pada siklus II 85,70. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media video teater dapat meningkatkan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPS B PPI 67 Benda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22179 |
Uncontrolled Keywords: | Media Video Teater, Menulis Naskah Drama, Penelitian Tindakan Kelas, Perubahan Perilaku |
Subjects: | W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Surury Daily |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 01:59 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 01:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17578 |
Actions (login required)
View Item |