LESTARI, Evi Mugi (2022) Implementasi Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Download (419kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Download (471kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (480kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (436kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (504kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Download (398kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Download (472kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Implementasi blended learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto, (2) Faktor-faktor penghambat dan pendukung metode blended learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif melalui; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap perencanaan blended learning terdiri dari, membuat workshop tentang blended learning, menyiapkan sarana dan prasarana, penyusunan jadwal pelajaran, membuat surat izin pemberitahuan kegiatan blended learning kepada orang tua dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap pelaksanaan blended laerning meliputi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Tahap evaluasi blended laerning meliputi evaluasi pembelajaran dan evaluasi sistem blended learning. Faktor penghambat pelaksanaan blended learning terdiri dari; regulasi Dinas Pendidikan, pembelajaran secara online, dan kurangnya dukungan SDM, sedangkan faktor pendukungnya yaitu pemerintah, tenaga pendidik/guru, dan lokasi/wilayah sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22264 |
Uncontrolled Keywords: | implementasi, blended learning, bahasa Indonesia |
Subjects: | I > I258 Internet in education L > L51 Language and languages S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Evi Mugi Lestari |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:13 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18802 |
Actions (login required)
View Item |