Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto

LESTARI, Evi Mugi (2022) Implementasi Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf

Download (419kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf

Download (471kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (480kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (436kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2023.

Download (504kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf

Download (398kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf

Download (472kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Evi Mugi Lestari-J1D018028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Implementasi blended learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto, (2) Faktor-faktor penghambat dan pendukung metode blended learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif melalui; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap perencanaan blended learning terdiri dari, membuat workshop tentang blended learning, menyiapkan sarana dan prasarana, penyusunan jadwal pelajaran, membuat surat izin pemberitahuan kegiatan blended learning kepada orang tua dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap pelaksanaan blended laerning meliputi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Tahap evaluasi blended laerning meliputi evaluasi pembelajaran dan evaluasi sistem blended learning. Faktor penghambat pelaksanaan blended learning terdiri dari; regulasi Dinas Pendidikan, pembelajaran secara online, dan kurangnya dukungan SDM, sedangkan faktor pendukungnya yaitu pemerintah, tenaga pendidik/guru, dan lokasi/wilayah sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22264
Uncontrolled Keywords: implementasi, blended learning, bahasa Indonesia
Subjects: I > I258 Internet in education
L > L51 Language and languages
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Evi Mugi Lestari
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:13
Last Modified: 21 Nov 2022 06:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

View Item View Item