Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Korelasi Service Delivery System dan Customer Social Value pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok I Kabupaten Banyumas

PRIMAYANA, Reiza Muhammad (2022) Analisis Korelasi Service Delivery System dan Customer Social Value pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok I Kabupaten Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (262kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (385kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (228kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Reiza Primayana-C2C018053-Tesis-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

Puskesmas merupakan organisasi publik yang disediakan untuk melayani kesehatan masyarakat serta memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan masyarakat yang dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi merupakan dasar permasalahan penelitian ini. Permasalahan di masyarakat terdapat adanya fenomena masyarakat yang menganggap kualitas pelayanan di Puskesmas memiliki kualitas pelayanan yang dianggap kurang dan terkesan seadanya. service delivery system dalam penelitian sebelumnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta customer social value menjadi salah satu indikator suatu pelayanan apakah suatu produk bisa memberikan manfaat terhadap penerimanya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis korelasi service delivery system dan customer social value dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Cilongok I sehingga terdapat implikasi yang dapat diambil untuk dilaksanakan dalam pelayanan kesehatan yang mampu meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat Metode penelitian dalam penelitian ini adalah observasional analitik kuantitatif melalui pendekatan cross sectional dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dilakukan secara wawancara langsung dengan pengunjung Puskesmas Cilongok I. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Puskesmas Cilongok I dengan jumlah sampel sebanyak 97. Uji Parametrik yang digunakan yaitu korelasi Pearson setelah dilakukan uji asumsi terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi kuat (korelasi Pearson = 0,787) antara service delivery system dan customer social value dengan arah korelasi positif serta dimensi yang memiliki asosiasi paling tinggi adalah people/karyawan. Terdapat beberapa saran yang diberikan dari hasil penelitian ini diantaranya 1)Penambahan jumlah tenaga administrasi 2)Perbaikan sistem, proses, serta metode pelayanan petugas administrasi dan petugas kesehatan 3)Penambahan jalur khusus bagi pengunjung lanjut usia dan anak-anak 4)Pelatihan dan supervisi dalam distribusi pelayanan kesehatan yang berlandaskan keramah tamahan, empati, kecepatan serta profesionalitas 5)Inovasi dalam pelayanan kesehatan berupa health information technology, behavioural health management, health social worker, medical home serta telemedicine yang diharapkan mampu diterapkan di instansi kesehatan milik Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P222224
Uncontrolled Keywords: Service delivery system; Customer social value; Puskesmas; Pelayanan kesehatan; Contact personnel; Physical evidence,;Process
Subjects: C > C1020 Customer services
C > C647 Community health services
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mr MUHAMMAD REIZA PRIMAYANA
Date Deposited: 29 Nov 2022 00:22
Last Modified: 29 Nov 2022 00:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item