Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Karakteristik Rumah Tangga di Kawasan Perkotaan Purbalingga terhadap Jumlah Pergerakan Lalu Lintas (Studi Kasus: Perumahan Griya Abdi Kencana Purbalingga)

LAUNTINA, Mu’awanah Reza Nur (2019) Analisis Pengaruh Karakteristik Rumah Tangga di Kawasan Perkotaan Purbalingga terhadap Jumlah Pergerakan Lalu Lintas (Studi Kasus: Perumahan Griya Abdi Kencana Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-2019.pdf

Download (591kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-2019.pdf

Download (898kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Mu'awanah Reza NL-H1D012069-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Peningkatan lahan perumahan di Kawasan Perkotaan Purbalingga akan menimbulkan peningkatan jumlah bangkitan pergerakan yang nantinya akan berdampak pada system prasarana transportasi. Perumahan Griya Abdi Kencana yang berada di jalan Letkol Isdiman merupakan perumahan dengan populasi terbanyak dibandingkan dengan perumahan perkotaan yang lain. Dengan mengetahui karakteristik rumah tangga dan karakteristik pergerakan penduduk diharapkan mampu mengetahui atribut apa saja yang berpengaruh terhadap jumlah pergerakan. Untuk mengetahui karakteristik rumah tangga dan karakteristik pergerakan penduduk dilakukan wawancara yang berbentuk pertanyaan dalam format kuisioner yang terdistribusi secara proporsional terhadap rumah tangga berdasarkan tipe rumah. Besarnya sampel untuk jumlah responden kuisioner menggunakan tabel penentuan jumlah sampel berdasarkan jumlah populasi yang dikembangkan oleh Robert V. Krejchie dan Daryle W. Morgan. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif, uji hipotesis dan analisis regresi. Berdasarkan analisis deskriptif, karakteristik rumah tangga di Perumahan Griya Abdi Kencana adalah sebagian besar jumlah anggota keluarga beranggotakan 4 (empat) orang, jumlah pendapatan diatas 3,5 juta rupiah, dan memiliki 2 3 kendaraan. Sedangkan karakteristik pergerakan penduduk di wilayah penelitian adalah pergerakan terbanyak dibangkitkan oleh pelaku perjalanan sekolah. Jarak yang ditempuh untuk masing-masing tujuan perjalanan sebagian besar 2 km, waktu yang ditempuh 15 menit, waktu keberangkatan saat jam sibuk, kendaraan yang digunakan sepeda motor, dan sebaran perjalanan termasuk interzona. Berdasarkan uji hipotesis, jumlah pergerakan dipenagruhi oleh atribut-atribut sosio ekonomi, temuan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwa hanya atribut jumlah anggota keluarga yang berpengaruh terhadap jumlah pergerakan yang terjadi. Selanjutnya model persamaa analisis regresi polinomial yang didapatkan untuk hubungan jumlah anggota keluarga dengan jumlah pergerakan adalah dengan indeks determinasi (R 2) sebesar 0,8841.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19219
Uncontrolled Keywords: karakteristik rumah tangga, bangkitan pergerakan,karakteristik pergerakan penduduk
Subjects: C > C425 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:22
Last Modified: 13 Dec 2022 08:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item View Item