SETIAWAN, Egi (2023) Kualitas Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas di Stasiun Purwokerto Daerah Operasi V. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-EGI SETIAWAN-F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 7 August 2024. Download (5MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 7 August 2024. Download (7MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 7 August 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (592kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN -EGI SETIAWAN -F1B019019-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya permasalahan pelayanan publik bagi penyandang Disabilitas di ruang publik saat ini termasuk di Stasiun Purwokerto Daerah Operasi V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik bagi penyandang Disabilitas di Stasiun Purwokerto Daerah Operasi V. Adapun judul penelitian ini yaitu “Kualitas Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas di Stasiun Purwokerto Daerah Operasi V”. Pemerintah selaku aktor penyelenggara pelayanan publik perlu melakukan suatu langkah manajemen pelayanan publik untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas bagi penyandang Disabilitas. Untuk dapat menilai sejauh mana kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah, diperlukan suatu dimensi atau indikator dalam pengukurannya. Dalam penelitian ini, kualitas pelayanan publik bagi penyandang Disabilitas di Stasiun Purwokerto Daerah Operasi V akan dilihat berdasarkan dimensi atau indikator pengukuran kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml, Parassuraman & Berry (dalam Hardiyansyah, 2011 : 11) yang terdiri dari Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada aspek Bukti Fisik (Tangible), desain bangunan sudah aksesibel terhadap penyandang Disabilitas serta sarana dan prasarana pelayanan bagi penyandang Disabilitas sudah mengikuti SOP yang ada walaupun belum sepenuhnya lengkap. Pada aspek Kehandalan (Reliability), informasi telah tersedia secara audio dan visual, prosedur pelayanan cukup mudah untuk dilaksanakan serta kemampuan petugas pelayanan sudah cukup baik. Pada aspek Daya Tanggap (Responsiveness), kemampuan petugas pelayanan dalam mengatasi permasalahan dan mengenali kebutuhan pelayanan bagi penyandang Disabilitas sudah cukup baik. Pada aspek Jaminan (Assurance), pelayanan telah diberikan secara akurat dan tepat waktu. Namun, untuk biaya pelayanan masih kurang dikarenakan belum ada kebijakan reduksi harga tiket bagi penyandang Disabilitas. Pada aspek Empati (Empathy), komunikasi, sikap dan perilaku serta kesadaran petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan bagi penyandang Disabilitas sudah cukup baik. Namun, untuk kemampuan petugas pelayanan dalam berkomunikasi dengan bahasa isyarat masih kurang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa, kualitas pelayanan publik bagi penyandang Disabilitas di Stasiun Purwokerto Daerah Operasi V memiliki penilaian yang berbeda-beda dari setiap jenis Disabilitas yang ada. Namun, secara keseluruhan sudah cukup baik. Kata kunci : Manajemen dan Kualitas Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23250 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen dan Kualitas Pelayanan Publik |
Subjects: | P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Egi Setiawan |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 10:11 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 10:11 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22309 |
Actions (login required)
View Item |