Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Makna Maskulinitas Laki-laki Milenial Pengguna Produk dan Jasa Klinik Kecantikan di Larissa Aesthetic Center Purwokerto

HANDAYANI, Tri Indah Hati (2023) Makna Maskulinitas Laki-laki Milenial Pengguna Produk dan Jasa Klinik Kecantikan di Larissa Aesthetic Center Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
RINGKASAN-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023 (1).pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Registered users only until 24 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-TRI INDAH HATI HANDAYANI-F1A019117-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adanya perubahan gaya hidup laki-laki milenial yang awalnya tidak peduli penampilan sekarang justru saat ini laki-laki sangat peduli penampilan ditunjukan dengan penggunaan produk dan jasa klinik kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna maskulinitas laki-laki milenial yang menjadi konsumen klinik kecantikan, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan karakter laki-laki maskulin dan alasan laki-laki milenial sehingga memutuskan untuk menjadi konsumen klinik kecantikan serta untuk mendeskripsikan dominasi maskulin yang terjadi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Lokasi penelitian ini di Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian dianalisis menggunakan analisis interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa laki-laki milenial yang menjadi konsumen klinik kecantikan memiliki alasan tertentu yaitu karena memiliki masalah pada bagian wajah dan ingin menunjang penampilan serta dikarenakan adanya dorongan agen sosial meliputi keluarga, teman dan pekerjaan. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya pergeseran makna maskulinitas serta pergeseran karakter laki-laki maskulin yang terjadi pada aspek fisik. Awalnya laki-laki tidak peduli terhadap penampilan namun saat ini justru semakin peduli pada penampilan. Makna dominan mengenai maskulinitas laki-laki saat ini menampilkan laki-laki maskulin sebagai laki-laki yang memperlihatkan sisi feminimnya dengan berdandan, memiliki sifat narsis atau memuji diri, berkulit putih, tampil lebih modern dengan gaya berbusana dan tatanan rambut terbaru, heteroseksual, dan memiliki tubuh berotot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23388
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas, Laki-laki, Milenial, Klinik Kecantikan, Penampilan
Subjects: H > H305 Human behavior
M > M107 Masculinity
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs TRI INDAH HATI HANDAYANI
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:33
Last Modified: 24 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item View Item