Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelas Menengah Atas Dalam Film “The Joneses” (Studi Analisis Wacana Kritis Perilaku Konsumtif Dalam Film “The Joneses”)

RAMADHANI, Rahita Resty (2017) Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelas Menengah Atas Dalam Film “The Joneses” (Studi Analisis Wacana Kritis Perilaku Konsumtif Dalam Film “The Joneses”). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian Awal Tugas Akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Globalisasi adalah suatu proses menyeluruh atau mendunia, dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah. Globalisasi terdiri dari 3 aspek yaitu ekonomi, politik, dan budaya. Globalisasi mempengaruhi gaya hidup masyarakat salah satunya adalah perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli barang atau jasa secara berlebihan walaupun tidak dibutuhkan. Salah satu bentuk perilaku konsumtif ini digambarkan melalui sebuah film berjudul The Joneses. Penelitian ini berjudul Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelas Menengah Atas Dalam “The Joneses” (Studi Analisis Wacana Kritis Perilaku Konsumtif dalam Film “The Joneses”).Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui perilaku konsumtif masyarakat kelas menengah sebagaimana yang digambarkan dalam film “The Joneses”, 2) menganalisis relevansi film “The Joneses” dengan realitas masyarakat Indonesia. Bahan penelitian ini adalah film Hollywood “The Joneses” yang menceritakan perilaku konsumtif yang terjadi di masyarakat kelas menengah dan sistem pemasaran yang dilakukan oleh tim marketing untuk mencari konsumen. Film ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana kritis. Analisi wacana kritis yang dikemukakan Norman Fairclough melalui kerangka analisis yang bersifat tiga dimensi yang terdiri dari analisis teks, analisis praktik wacana dalam bentuk produksi dan konsumsi teks, dan analisis praktik sosio-kultural. Metode yang dikembangkan meliputi: deskripsi linguistik teks dari segi kebahasaan, interpretasi hubungan antara proses produksi dan konsumsi teks dengan teks, dan eksplanasi hubungan antara proses diskursif (produksi dan konsumsi teks) dengan proses sosial. Pada analisis teks, dianalisis melalui kohesi, kosakata, dan gramatika yang terdapat dalam narasi maupun teks tertulis pada film tersebut. Pada analisis praktik wacana, dianalisis hubungan antara teks dan konteks serta maksud-maksud tersembunyi dalam film tersebut. Pada analisis praktik sosio-kultural, dianalisis untuk menghubungkan teks dengan situasi sosial-budaya yang terkait dalam film. Teori-teori yang di gunakan ialah teori fetitisme komoditas, globalisasi budaya, perilaku komsumtif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film The Joneses menceritakan adanya perilaku konsumtif masyarakat kelas menengah atas yang ditunjukkan melalui sebuah keluarga sebagai tokoh utama dalam film tersebut. Dalam film ini, sutradara menampilkan dengan jelas gaya hidup konsumtif yang dianut masyarakat Amerika Serikat di tahun 2009 ketika terjadinya krisis ekonomi global yang sedang memuncak. Beberapa adegan dalam film ini menggambarkan sebuah keluarga yang sempurna dan bahagia dengan mengkonsumsi barang-barang mewah dan berusaha mempengaruhi orang lain untuk meniru gaya hidup mereka. Relevansi film The Joneses terhadap masyarakat Indonesia yaitu Film The Joneses dengan budaya konsumsi masyarakat Indonesia ini memiliki keterkaitan perihal mengikuti perkembangan trend yang ada dengan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17083
Subjects: L > L230 Lifestyles
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:55
Last Modified: 11 Nov 2019 04:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2377

Actions (login required)

View Item View Item