Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Pelaksanaan Program Pengaduan Masyarakat Melalui Website Matur Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga

SALSABILA, Elfara (2023) Evaluasi Pelaksanaan Program Pengaduan Masyarakat Melalui Website Matur Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2024.

Download (514kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2024.

Download (763kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2024.

Download (308kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ELFARA SALSABILA-F1B019046-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Evaluasi Pelaksanaan Program Pengaduan Masyarakat Melalui Website Matur Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga. Latar belakang penelitian ini didasari pada kondisi perkembangan teknologi informasi yang merambah dalam penyelenggaraan pelayanan publik, maka sistem pengaduan masyarakat juga bergeser menggunakan sistem informasi berbasis internet. Program pengaduan masyarakat Matur Bupati merupakan suatu sumber informasi bagi penyedia layanan untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan dan digunakan sebagai bahan evaluasi pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Namun, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya berjalan optimal. Hal ini ditunjukan oleh adanya isu strategis kondisi internal Kabupaten Purbalingga yang menyatakan bahwa belum optimalnyua penyelenggaraan dan pelayanan pemerintah berbasis elektronik. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan program pengaduan masyarakat melalui website Matur Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana evaluasi pelaksanaan program pengaduan masyarakat melalui website Matur Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga yang diteliti menggunakan teori dari William N. Dunn yang terdiri dari Efektivitas (Effectivity), Efisiensi (Efficiency), Kecukupan (Adequacy), Perataan (Adequity), Responsivitas (Responsivnees), dan Ketepatan (Appropriatenees). Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan program pengaduan masyarakat melalui website Matur Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga yang dianalisis melalui aspek Efektivitas (Effectivity), Efisiensi (Efficiency), Kecukupan (Adequacy), Perataan (Adequity), Responsivitas (Responsivenees), dan Ketepatan (Appropriatenees) memiliki kondisi yang berbeda-beda. Pada aspek efisiensi (efficiency), kecukupan (adequacy), dan ketepatan (appropriatenees) sudah berjalan secara optimal sementara aspek Efektivitas (effectivity), Perataan (adequity), dan responsivitas (responsivnees) belum berjalan secara optimal. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga selaku pengelola program pengaduan masyarakat melalui website Matur Bupati diharapkan tetap konsisten menjaga kemampuan dan kemudahan dalam proses pelayanan serta segera mengoptimalkan kekurangan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23473
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Evaluasi Program, Website Matur Bupati
Subjects: P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Elfara Salsabila
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:27
Last Modified: 15 Nov 2023 03:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24173

Actions (login required)

View Item View Item