Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Edutainment terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baturaden

HIDAYATI, Reni (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Edutainment terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baturaden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ReniHidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2025.

Download (281kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2025.

Download (492kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2025.

Download (390kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Reni Hidayati-C1L020017-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturraden pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa khususnya kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis edutainment terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design yang pada prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dimana penentuan sampel didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu, sehingga diperoleh 72 responden yang merupakan siswa kelas XI 8 dan XI 10. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda, kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test, regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis edutainment dengan model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis edutainment dengan model pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis edutainment berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. (4) Model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis edutainment berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran inovatif yang mampu melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis edutainment. Dalam model pembelajaran ini, guru dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Hal ini didasari oleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran tersebut mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C2477
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Edutainment, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Reni Hidayati
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:09
Last Modified: 19 Jun 2024 08:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27536

Actions (login required)

View Item View Item