Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dengan Pendekatan Human Organization Technology Fit Model pada Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Purwokerto

HARTIWI, Lorenzia Ida Ayu Irma (2024) Analisis Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dengan Pendekatan Human Organization Technology Fit Model pada Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf

Download (76kB)
[img] PDF
LEGALITAS-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi-C2D022010-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan pada satuan kerja di lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dimensi manusia, organisasi dan teknologi terhadap manfaat bersih pada aplikasi SAKTI (Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi). Aplikasi ini digunakan oleh satuan kerja pada Kementerian/Lembaga yang bersumber dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh satuan kerja di lingkup kerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purwokerto. Jumlah responden yang diambil adalah 72 satuan kerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode sampel jenuh (sensus). Data kuisioner yang diterima sejumlah 153 kuisioner dari jumlah 216 kuisioner yang disebarkan dan dapat diolah oleh peneliti. Jumlah satuan kerja yang mengisi kuisioner sebanyak 51 satuan kerja. Tiap satuan kerja diwakili oleh pengguna SAKTI dengan kewenangan sebagai operator, approver dan validator. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) menunjukkan bahwa : (1) kualitas sistem tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, (2) kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, (3) kualitas layanan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, (4) kualitas sistem tidak berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem, (5) kualitas informasi berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem, (6) kualitas layanan berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem, (7) penggunaan sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, (8) kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih, (9) penggunaan sistem berpengaruh positif terhadap manfaat bersih, (10) struktur organisasi berpengaruh positif terhadap lingkungan organisasi, (11) lingkungan organisasi tidak berpengaruh positif terhadap manfaat bersih, (12) struktur organisasi tidak berpengaruh terhadap manfaat bersih, (13) pengaruh teknologi terhadap manfaat bersih melalui aspek manusia, (14) pengaruh teknologi terhadap manfaat bersih tidak melalui aspek organisasi. Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan kualitas sistem dan kualitas layanan sehingga kepuasan pengguna dan penggunaan sistem dapat meningkat. Lebih lanjut, peningkatan kualitas pada dimensi teknologi dengan memperhatikan dukungan penuh dari stakeholder sehingga manfaat bersih dapat dirasakan bagi pengguna aplikasi SAKTI. Dalam rangka peningkatan layanan bantuan dan sistem informasi yang dikembangkan maka Kementerian Keuangan sebagai pemilik aplikasi SAKTI, hendaknya mempertimbangkan masukan dari operator satuan kerja sebagai pengguna aplikasi. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu Jumlah responden yang memberikan umpan balik pada kuisioner ini hanya sekitar 70.83% dari populasi. Beberapa satuan kerja pada bidang kesehatan dan bidang hukum tidak turut serta berkontribusi dalam penelitian ini. Responden yang mengisi kuisioner tidak semua dapat dipastikan oleh peneliti sebagai pengguna aplikasi sesuai kewenangannya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penelitian lain untuk menguji kausalitas dari variabel yang diuji dengan menggunakan praktisi sebagai subjek.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224133
Uncontrolled Keywords: HOT Fit Model, Manfaat Bersih, Kepuasan Pengguna, Kualitas Sistem, Sistem Informasi Akuntansi
Subjects: J > J56 Job satisfaction
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Mrs. Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:04
Last Modified: 04 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item View Item