RENGGANIS, Fara Anggia (2024) Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Download (81kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Download (77kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fara Anggia Rengganis-H1D018039-Skripsi-2024.pdf Download (215kB) |
Abstract
Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu bidang keahlian yang membutuhkan banyak perangkat dalam proses pembelajarannya, akan tetapi perangkat penunjangnya kurang memadahi. Game merupakan salah satu pengembangan teknologi yang memanfaatkan visualisasi dan dapat digunakan dalam dunia pendidikan, hal ini dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah minimnya perangkat penunjang dengan game sebagai medianya. Penelitian ini mengembangkan game edukasi guna membantu siswa mendapatkan gambaran nyata mengenai mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Game dibuat dengan menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle dengan metode pengujian yang digunakan berupa experiment pre-test post-test. Hasil penelitian ini berupa game edukasi dengan tiga menu utama yaitu menu belajar, menu bermain, dan menu kuis evaluasi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Pengujian blackbox menyatakan bahwa fitur yang ada pada game telah sesuai dengan desain yang dirancang. Pada pengujian pre-test didapat nilai rata-rata sebesar 55.66 dan pengujian post-test didapatkan nilai rata-rata sebesar 73. Didapatkan juga hasil UAT dengan nilai rata-rata sebesar 89.06% yang berkategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24230 |
Uncontrolled Keywords: | Game Development Life Cycle, Game Edukasi, Teknik Komputer dan Jaringan |
Subjects: | C > C687 Computer networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs. Fara Anggia Rengganis |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28030 |
Actions (login required)
View Item |