Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Rancang Bangun Game Edukasi “Grammar Space Shooter” Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SMP Berbasis Android

MASYKUR, Muhammad Nizar (2024) Rancang Bangun Game Edukasi “Grammar Space Shooter” Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SMP Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf

Download (461kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf

Download (694kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2025.

Download (722kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2025.

Download (782kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2025.

Download (732kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf

Download (624kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Nizar Masykur-H1D018038-Skripsi-2024.pdf

Download (533kB)

Abstract

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang sangat penting di era globalisasi ini. Namun, banyak siswa di Indonesia masih menghadapi kesulitan dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, diperlukan metode yang kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah dengan mengembangkan game edukasi berbasis Android. Penelitian ini juga menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, testing, beta, dan distribusi atau perilisan. Game edukasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman C# dan game engine Unity. Terdapat 3 menu utama dalam game ini yaitu menu Play, Quiz dan Setting. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa game ini layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Hasil dari pengujian UAT menunjukkan angka 84,16%, yang berada dalam kategori "Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24242
Uncontrolled Keywords: C#, Game Edukasi, Unity.
Subjects: E > E76 Educational games
S > S900 System design
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Muhammad Nizar Masykur
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:33
Last Modified: 15 Aug 2024 06:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28121

Actions (login required)

View Item View Item