PRANATA, Evan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Flip Builder. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Download (126kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (253kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (237kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (419kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Download (238kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Evan Pranata-I1E018063-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa terhadap buku konvensional sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan media pembelajaran yang masih tekstual di sekolahan. Pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media tekstual kurang efektif ketika proses pembelajaran sehingga terjadi kurangnya minat siswa dalam belajar pendidikan jasmani. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Lokasi penelitian dilaksanakan di kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, yaitu di SMP Muhammadiyah 1 Karanglewas, SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas, dan SMP Negeri 2 Karanglewas. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen before-after untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan media Flip Builder pada siswa. instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket penilaian guru dan siswa, serta soal pretest dan posttest. Hasil Penelitian: Penelitian pengembangan edia Flip Builder menggunakan model R&D. Di kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Karanglewas, siswa memberikan penilaian sebesar 91,45% (sangat baik), di kelas 8A SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas sebesar 89,53% (sangat baik), dan di kelas 8A SMP Negeri 2 Karanglewas sebesar 72,77% (baik). Penilaian guru di SMP Muhammadiyah 1 Karanglewas sebesar 91,50% (sangat baik), di SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas sebesar 85,00% (sangat baik), dan di SMP Negeri 2 Karanglewas sebesar 94,00% (sangat baik). Kesimpulan: Media Flip Builder yang dikembangkan layak digunakan dan dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi bola voli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24249 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Flip Builder, Bola Voli, SMP. |
Subjects: | B > B19 Ball games P > P258 Physical education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mr. Evan Pranata |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:15 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28639 |
Actions (login required)
View Item |