ANGGRAENI, Vinna (2024) Integrasi Pasar dan Pembentukan Harga Cabai Merah di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Download (393kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2025. Download (185kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2025. Download (196kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2025. Download (546kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Download (166kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Download (401kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vinna Anggraeni-A1A020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Cabai merah merupakan tanaman hortikultura yang memiliki sifat musiman sehingga harga yang dimiliki juga cenderung bervariasi. Kecenderungan harga yang bervariasi ini menjadikan komoditas cabai memiliki harga yang tidak pasti. Ketidakpastian harga cabai merah ini akan mengakibatkan harga cabai merah berfluktuasi. Variasi harga cabai merah juga dapat diakibatkan oleh penyaluran informasi harga yang belum tersalurkan dengan baik. Penyaluran informasi harga penting untuk tersalurkan dengan baik agar pergerakan harga cabai merah terkondisikan dengan stabil. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, hubungan integrasi pasar, dan pasar yang mendominasi dalam pembentukan harga komoditas cabai merah di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Wage, Pasar Sokaraja, dan Pasar Manis Kabupaten Banyumas. Data primer berasal dari wawancara dan observasi dengan pengamatan secara langsung ke pedagang di pasar. Data sekunder diperoleh dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumasserta Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis koefisien harga dan integrasi pasar dengan VECM, serta analisis variance decomposition. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran cabai merah di Kabupaten Banyumas, utamanya di Pasar Wage tergolong ke dalam jenis saluran pemasaran empat tingkatan, tiga tingkatan, dan dua tingkatan. Saluran pemasaran cabai merah di Pasar Sokaraja tergolong ke dalam jenis saluran pemasaran tiga tingkatan dan dua tingkatan.Saluran pemasaran cabai merah di Pasar Manis tergolong ke dalam jenis saluran pemasaran dua tingkatan. Saluran pemasaran empat tingkatan melibatkan petani – tengkulak – pedagang pengepul – pedagang grosir – pedagang ecer – konsumen. Saluran pemasaran tiga tingkatan melibatkan petani – tengkulak – pedagang grosir – pedagang ecer – konsumen. Saluran pemasaran dua tingkatan melibatkan petani – tengkulak – pedagang ecer – konsumen.Perilaku harga cabai merah di Kabupaten Banyumas menunjukkan perilaku yang tidak stabil dan fluktuatif. Nilai koefisien variasi harga cabai merah dari tahun 2019 hingga 2023 berkisar antara 33,39 persen sampai 49,40 persen. Hasil analisis integrasi pasar menunjukkan bahwa terdapat hubungan integrasi pasar dalam jangka panjang dan jangka pendek. Hasil analisis dekomposisi varian cabai merah di Pasar Wage, Pasar Sokaraja, dan Pasar Manis Kabupaten Banyumas menunjukkan bahwa Pasar Wage mendominasi dalam pembentukan harga cabai merah di pasar lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24208 |
Uncontrolled Keywords: | cabai merah, saluran pemasaran, integrasi pasar, pembentukan harga |
Subjects: | F > F63 Farm produce Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs. Vinna Anggraeni |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 06:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 06:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29146 |
Actions (login required)
View Item |