BARKAMANSIA, Izrami (2017) Pemerolehan Fonologi Pada Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (138kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian Awal Tugas Akhir_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (BabII)
BAB II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (172kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemerolehan Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 5 bulan serta faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 5 bulan. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa tuturan anak yang berusia 2 tahun 5 bulan. Data bersumber dari bahasa lisan anak usia 2 tahun 5 bulan dengan jumlah sumber data sepuluh orang. Penelitian dilakukan mulai dari bulan Januari sampai bulan Juli. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak dan metode cakap. Pada metode simak diwujudkan dengan teknik dasar yaitu teknik sadap, sedangkan metode pancing diwujudkan dengan teknik dasar yaitu teknik pancing. Teknik lanjutan yang digunakan yaitu teknik simak libat cakap, teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat. Metode anlisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik pilah unsur penentu sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding menyamakan dan teknik hubung banding memperbedakan sebagai teknik lanjutan. Hasil analisis data pada penelitian ini akan disajikan secara formal dan informal. Hasil penelitian ini meliputi fonem yang telah dikuasai oleh anak usia 2 tahun 5 bulan. Berdasarkan hasil analisis data, fonem yang telah dikuasai oleh anak usai 2 tahun 5 bulan adalah fonem vokal /a, i, u, e, o/ dan kosonan /b, p, m, n, c, j, d, t, g, k, h, l, ŋ, ñ, f, v, s, w, y/, sedangkan konsonan /r/ belum dikuasai. Fonem /r/ ketika direpresentasikan oleh anak dalam ujaran terkadang mengalami penggantian menjadi bunyi [l] atau [y] dan terkadang mengalami pelesapan. Dalam pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 5 bulan tidak terlepas dari faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehannya. Faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan fonologi adalah faktor biologis, faktor lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, seringnya suatu bunyi muncul atau diucapkan oleh orang dewasa, kesempatan anak untuk berlatih, faktor motivasi, faktor kognitif dan situasi mental anak. Faktor-faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain dalam proses pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 5 bulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17312 |
Uncontrolled Keywords: | Psikolinguistik, Pemerolehan Bahasa, Pemerolehan Fonologi |
Subjects: | C > C244 Child development Child psychology Parenting L > L247 Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Sri Hartati |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 04:16 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 04:16 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2961 |
Actions (login required)
View Item |