PUTRI, Nabila Hayya Fiani (2024) The Effect of Good Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Firm Value with Media Exposure as Moderating Factor. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Download (131kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2025. Download (232kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2025. Download (245kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2025. Download (365kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Download (138kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nabila Hayya Fiani Putri-C1I018029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh good corporate governance yang diproksikan oleh dua mekanisme yaitu dewan komisaris independen dan komite audit, kemudian Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan, serta mengetahui apakah Media Exposure mampu memoderasi pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini teori agensi tidak mendukung H1 yaitu dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tetapi teori agensi mendukung H2 yaitu audit komite berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Teori legitimasi mendukung H3 yaitu CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Teori sinyal tidak mendukung H4 yaitu media exposure tidak dapat memoderasi hubungan CSR terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019, 2020, dan 2021. Total populasi berjumlah 46 perusahaan. Variabel good corpotate governance diukur dengan menggunakan rasio dewan komisaris independent dan komite audit. Variabel Corporate Social Responsibility diukur mengacu dengan GRI Standard. Variabel Media Exposure diukur menggunakan dummy memberi nilai 1 bagi yang menggungkapkan kegiatan CSR dan memberi nilai 0 bagi perusahaan yang tidak menggungkapkan CSR. Variabel nilai perusahaan diukur dengan menggunakan rasio penilaian Tobin’s Q. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan software aplikasi SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa: (1) Dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) Komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) Media exposure tidak dapat memoderasi hubungan pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Implikasi dari penelitian ini secara teoritical hendaknya mampu memberikan perkembangan di bidang ilmu akuntansi keuangan terkait good corporate governance, corporate social responsibility, dan media exposure terhadap perusahaan di Bursa Efek Indonesia khususnya pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Implikasi secara praktis yaitu, hasil dari penelitian ini hendaknya dapat menjadi saran dan pertimbangan bagi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia khususnya sub sektor makanan dan minuman agar dapat memaksimalkan peran dan fugsinya dalam mekanisme good corporate governance, corporate social responsibility, serta terkait media exposure sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Bagi investor, penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dan saran dalam menganalisis, menentukan, dan mengambil keputusan terhadap perusahaan yang akan mereka pilih untuk menanamkan modalnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24487 |
Uncontrolled Keywords: | Firm Value, Independent Board Commissioners, Audit Committee, Corporate Social Responsibility, Media Exposure |
Subjects: | S > S446 Social responsibility of business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs. Nabila Hayya Fiani Putri |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 08:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30550 |
Actions (login required)
View Item |