Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Purwokerto

AABIDAH, Asma Maisun (2024) Evaluasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (203kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (295kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (355kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Asma Maisun Aabidah-C1L019032-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

SMAN 1 Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran ekonomi. Dalam menjalankan proses pembelajaran terdapat beberapa hambatan berupa kurangnya jumlah kuantitas buku pegangan dan buruknya jaringan internet sekolah yang mendukung budaya independent learning, serta peserta didik yang merasa bosan, tidak bersemangat, dan tidak tertarik pada proses pembelajaran. Hal tersebut tentunya memberikan dampak berupa masih ditemukannya peserta didik dengan hasil belajar <66% dari Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Tujuan Penelitian adalah untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 1 Purwokerto khususnya untuk menganalisis penerapan, input peserta didik, proses kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Hasil penelitian menunjukkan komponen context memiliki skor rata-rata 13,07 yang masuk dalam kategori cukup baik. Komponen input memiliki skor rata-rata 35,87 yang masuk dalam kategori cukup baik. Komponen process memiliki skor rata-rata 55,01 yang masuk dalam kategori cukup baik. Dan komponen product memiliki skor rata-rata 82,28 yang masuk dalam kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan seluruh komponen CIPP dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Purwokerto masuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24489
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, CIPP
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. ASMA MAISUN AABIDAH
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:06
Last Modified: 21 Nov 2024 01:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item