Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Implementation of the SQ3R Method To Improve Students' Reading Comprehension Skills on Descriptive Texts.

KAMILAH, Nurul (2024) The Implementation of the SQ3R Method To Improve Students' Reading Comprehension Skills on Descriptive Texts. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (150kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (189kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (293kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurul Kamilah-J1E020007-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membaca adalah keterampilan bahasa yang fundamental yang sangat penting untuk memperoleh pengetahuan, memperluas kosakata, dan memahami informasi tekstual. kemampuan membaca ini dapat dicapai dengan pengajaran efektif seperti metode SQ3R yang membantu siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menggambarkan implementasi metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam pengajaran teks deskriptif; (2) untuk mengetahui apakah implementasi metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas, dengan sampel 21 siswa dari Kelas VII C MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus untuk mengamati dan mengukur kemajuan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi kelas dan tes. Data dari observasi digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang bagaimana implementasi metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa aktif bertanya tentang istilah istilah yang tidak mereka ketahui, mendiskusikan kosakata yang mereka temukan, dan menyimpulkan isi teks. Hal ini mencerminkan bahwa mereka antusias dan tertarik untuk menerapkan metode SQ3R di kelas. Hasil tes, menunjukkan bahwa keterampilan pemahaman bacaan siswa setelah menggunakan metode SQ3R meningkat sebesar 18,73% dari rata-rata pre-test 59,48 menjadi rata-rata post-test I 70,62. Selain itu, nilai rata-rata post-test kedua juga meningkat menjadi 86,05, dengan peningkatan 21,85% dari post-test pertama ke post-test kedua. Selanjutnya, hasil nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, yang berarti keterampilan pemahaman bacaan siswa menggunakan metode SQ3R mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan kata lain, hipotesis alternatif (Ha) diterima sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulannya, implementasi metode SQ3R secara signifikan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa. Peneliti menyarankan kepada guru dan siswa untuk menggunakan metode SQ3R dalam mengajar dan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa. Peneliti lain juga dapat menggunakan penelitian ini sebagai panduan dan referensi untuk melakukan penelitian di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24292
Uncontrolled Keywords: Penelitian tindakan kelas, Teks deskriptif, Observasi, Pendekatan kuantitatif, Pemahaman bacaan, Metode SQ3R, Hasil test
Subjects: R > R106 Reading readiness
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs NURUL KAMILAH
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:27
Last Modified: 22 Nov 2024 02:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30691

Actions (login required)

View Item View Item