HAKIM, Rollie Sofia (2024) Pengaruh Implementasi Problem Based Learning, Literasi Digital dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 December 2025. Download (119kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 December 2025. Download (247kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 December 2025. Download (251kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Download (20kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ROLLIE SOFIA HAKIM-C1L030036-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh implementasi problem based learning, literasi digital dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan problem solving siswa di SMA Negeri 1 Majenang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas X fase E.1 sampai fase E.10 sejumlah 360 dengan jumlah sampel 115 yang diambil dengan teknik random sampling. sumber data penelitian ini didapatkan dari kuesioner penelitian, buku, serta artikel atau jurnal ilmiah yang terpublikasi. Kuesioner disajikan dalam bentuk kuesioner tertutup menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji validitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji statistik F, dan uji statistik t. Data kuesioner penelitian ditransformasi menjadi data interval menggunakan Method of Successive Intervals (MSI) berbantuan Microsoft Excel, dan analisis data menggunakan program SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1) PBL berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap kemampuan problem solving siswa dan hipotesis dinyatakan diterima. Implikasi dari penelitian ini siswa dilatih turut aktif mengembangkan pembelajaran dengan memberikan kebebasan untuk menentukan arah belajar yang memenuhi tuntutan kompetensi di abad 21; (2) Literasi digital berpengaruh positif terhadap kemampuan problem solving siswa dan hipotesis dinyatakan diterima. Implikasi dari penelitian ini diharapkan peran guru membimbing peserta didik dalam penggunaan handphone, laptop dan alat elektronik untuk dilatih kemampuan literasi digitalnya sehingga mempengaruhi kemampuan problem solving siswa; (3) Motivasi berprestasi berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap kemampuan problem solving siswa dan hipotesis dinyatakan diterima. Implikasi dari penelitian ini diharapkan guru mampu membekali siswa dengan pengajaran yang mampu membangkitkan motivasi berprestasi siswa yang membentuk tingginya kemampuan problem solving tiap diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24517 |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Literasi Digital, Motivasi Berprestasi, Problem Solving |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. ROLLIE SOFIA HAKIM |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 06:43 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 06:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31012 |
Actions (login required)
View Item |