Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Perilaku Indisipliner Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pejawaran

TITASARI, Rhesi (2018) Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Perilaku Indisipliner Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pejawaran. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 cover.pdf

Download (618kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf

Download (590kB)
[img] PDF (BabI)
4 bab1.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2026.

Download (621kB)
[img] PDF (BabII)
5 bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2026.

Download (746kB)
[img] PDF (BabIII)
6 bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2026.

Download (669kB)
[img] PDF (BabIV)
7 bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] PDF (BabV)
8 bab5.pdf

Download (619kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf

Download (578kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian action research yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pejawaran yang berada di Kabupaten Banjarnegara dengan judul “Penerapan Teknik Self Management dalam Mengurangi Perilaku Indisipliner pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pejawaran.” Perilaku indisipliner adalah perilaku tidak mentaati peraturan yang berlaku di sekolah. Di SMP Negeri 1 Pejawaran terjadi fenomena banyaknya siswa berlaku indisipliner dari pelanggaran kecil hingga pelanggaran yang besar. Perilaku indisipliner ini juga mengganggu proses belajar mengajar yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pejawaran. Selain itu, bila dibiarkan terus menerus maka akan memberikan dampak yang lebih buruk yang merugikan diri siswa sendiri. sehingga diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasi perilaku indisipliner yang dilakukan oleh peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konseling individual dengan teknik “self management” dalam mengurangi perilaku indisipliner yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pejawaran. Subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling dengan berdasarkan pada jumlah perolehan angka kredit poin terbanyak yang dilakukan oleh peserta didik yaitu ANZ, AFS, HRM, dan IEN. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data dianalisis secara kualitatif dengan melakukan reduksi data, analisis isi, penyajian data dan verifikasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian selama kurang lebih 3 bulan dengan masing-masing subjek diberi layanan konseling dengan teknik self management selama 6 pertemuan yang berselang satu mingggu. Subjek mengisi lembar isian self management yakni penilaian perilaku dan kontrak perilaku di awal pertemuan, lalu mengisi lembar self reward, dan self control, serta lembar monitoring, dan mengisi lembar monitoring harian setiap hari dan dijadikan bahan diskusi pada pertemuan konseling individu. Secara berangsur-angsur subjek mengalami penurunan jumlah pelanggaran yang dilakukan pada setiap minggu hingga di akhir pertemuan konseling. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini maka beberapa saran dapat dikemukakan bahwa guru BK tidak hanya memberikan hukuman dalam memperbaiki perilaku peserta didik, guru BK dapat menggunakan teknik self management untuk mengataasi masalah yang berkaitan dengan perilaku peserta didik dan hubungan antara guru BK dan peserta didik harus lebih dekat agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi peserta didik. Selain itu, sekolah juga harus memperhatikan proporsi jumlah guru BK dan peserta didik sehingga dapat memberikan layanan dan melakukan pengawasan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: M > M35 Management
S > S186 Self
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 06 Jan 2025 06:48
Last Modified: 06 Jan 2025 06:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item View Item