Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Effect of Social Media Influencers on Purchase Intention : Parasocial Relationships and Brand Credibility as Mediating Variables and Persuasion Knowledge as Moderating Variables (Study on Followers of Social Media Influencer Arief Muhammad)

PRADANA, Hafian Rizki (2025) The Effect of Social Media Influencers on Purchase Intention : Parasocial Relationships and Brand Credibility as Mediating Variables and Persuasion Knowledge as Moderating Variables (Study on Followers of Social Media Influencer Arief Muhammad). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hafian Rizki Pradana-C1H021054-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menganalisis pengaruh influencer media sosial terhadap minat pembelian dengan hubungan parasosial dan kredibilitas merek sebagai variabel mediasi serta pengetahuan persuasi sebagai variabel moderasi. penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan inkonsistensi penelitian terdahulu mengenai pengaruh influencer media sosial terhadap minat pembelian dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang mendorong perilaku minat pembelian, dalam konteks pemasaran influencer di media sosial. Secara khusus, ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak keterlibatan influencer dalam pemasaran produk pada perilaku minat pembelian pengikutnya, dengan mempertimbangkan peran hubungan parasosial dan kredibilitas merek sebagai mediator potensial dalam proses pengambilan keputusan, serta eksplorasi lebih lanjut tentang dampak pengetahuan persuasi pengikut. Secara objektif, penelitian ini melakukan studi kasus pada pengikut aktif media sosial Instagram dari sosok influencer terkemuka di Indonesia "Arief Muhammad", dengan melibatkan 185 anggota sebagai responden, menggunakan metode probability sampling. Penelitian ini menunjukkan beberapa temuan utama : influencer media sosial tidak berpengaruh positif terhadap niat pembelian secara langsung, influencer media sosial berpengaruh positif terhadap hubungan parasosial, influencer media sosial berpengaruh positif terhadap kredibilitas merek, hubungan parasosial berpengaruh positif terhadap niat pembelian, kredibilitas merek berpengaruh positif terhadap minat pembelian, hubungan parasosial memediasi pengaruh influencer media sosial terhadap minat pembelian, kredibilitas merek memediasi pengaruh influencer media sosial terhadap minat pembelian, pengetahuan persuasi memoderasi pengaruh influencer media sosial terhadap minat pembelian, pengetahuan persuasi memoderasi pengaruh hubungan parasosial terhadap minat pembelian. Temuan ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana mekanisme influencer memengaruhi perilaku pengikutnya di media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25055
Uncontrolled Keywords: nfluencer Media Sosial, Hubungan Parasosial, Kredibilitas Merek, Pengetahuan Persuasi, Niat Pembelian, Arief Muhammad
Subjects: I > I260 Internet marketing
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr. Hafian Rizki Pradana
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:00
Last Modified: 15 Jan 2025 01:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31315

Actions (login required)

View Item View Item