AFIANTI, Lutfinda Dwi (2024) Kualitas Pelayanan dalam Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitar Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Download (83kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Download (104kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lutfinda Dwi Afianti-F1B021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kantor Pertanahan merupakan salah satu instansi pemerintahan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal bidang pertanahan baik di sektor agrarian/ tanah dan tata ruang. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dalam pelaksanaan program PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif dengan lokasi penelitian di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas. Berdasarkan teknik purposive sampling yang dianggap paling memahami dan memiliki pengalaman terkait PTSL, maka jumlah informan sebanyak 11 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, klasifikasi data atau reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui aspek tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas belum sepenuhnya dikatakan baik pada indikator tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), karna : a) terbatasnya jumlah alat cetak sertipikat elektronik, b) kurangnya kecermatan petugas pada pengukuran yang menghasilkan perbedaan hasil luas tanah dengan harapan masyarakat, c) ketidaktepatan waktu dalam penyelesaian sertipikat program PTSL, d) kurangnya kesiapan sumber daya manusia pada jumlah tenaga kerja di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu perlunya pengadaan barang khususnya alat cetak sertipikat elektronik, mengadakan pelatihan pegawai lebih lanjut, pengadaan sosialisasi terkait edukasi fungsi dari SPPT dan sertipikat hak atas tanah, serta penambahan jumlah pegawai perlu dilakukan untuk menciptakan kualitas pelayanan yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25007 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, PTSL |
Subjects: | P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Lutfinda Dwi Afianti |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31340 |
Actions (login required)
View Item |