Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Senam Lantai Berbasis Augmented Reality untuk Siswa SMP

WIJAYA, Tiko Kresna (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Senam Lantai Berbasis Augmented Reality untuk Siswa SMP. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf

Download (764kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf

Download (512kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2026.

Download (395kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2026.

Download (616kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2026.

Download (797kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tiko Kresna Wijaya-I1E021010-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mengenai materi senam lantai masih menerapkan metode konvensional dengan mengandalkan buku dan alat bantu lainnya. Penerapan media interaktif berbasis teknologi belum diterapakan sebagai pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembalajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono. Proses pengembangan terdiri dari identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi ahli, uji coba produk, revisi, uji coba pemakaian, dan uji efektivitas. Penelitian ini melibatkan sampel siswa kelas IX dari SMP Muhammadiyah Sumbang dan SMP Negeri 1 Purwokerto. Instrumen penelitian untuk media dilakukan melalui angket validasi, serta penilaian dari siswa dan guru. Instrumen penelitian untuk mengukur aspek kognitif menggunakan soal-soal yang telah melalui tahap uji validitas sebelumnya. Data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, serta uji efektivitas menggunakan metode kuasi eksperimen untuk mengevaluasi dampak media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa.Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi (100%), ahli media (86,67%), dan ahli bahasa (100%). Penilaian siswa sebesar 91.89% dan penilaian guru sebesar 93%, Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan terhadap kedua kelompok secara signifikan. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi senam lantai.Media pembelajaran berbasis Augmented Reality dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di era digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I25025
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, senam lantai, pendidikan jasmani, hasil belajar siswa
Subjects: C > C498 Coaching Athletics Gymnastics
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Mr TIKO KRESNA WIJAYA
Date Deposited: 21 Jan 2025 00:57
Last Modified: 21 Jan 2025 00:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31491

Actions (login required)

View Item View Item