SUBARKAH, Rafli Ade (2025) Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Banyumas dengan Kemampuan Penginderaan Pasar dan Pengembangan Produk Baru melalui Pendekatan Teori Service-Dominant Logic. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Download (49kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Download (65kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Download (247kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RAFLI ADE SUBARKAH-C1B021101-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penginderaan pasar dan pengembangan produk baru dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM di Banyumas melalui pendekatan teori service dominant logic. Penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS dan melibatkan 168 responden usaha mikro di Banyumas melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menemukan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan juga berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan penginderaan pasar. Selain itu, kemampuan penginderaan pasar terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran dan pengembangan produk baru. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan produk baru tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selanjutnya, kemampuan penginderaan pasar mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menegaskan pentingnya kemampuan penginderaan pasar dalam memperkuat hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran, khususnya dalam konteks usaha mikro di Banyumas. Meskipun pengembangan produk baru tidak berdampak langsung pada kinerja pemasaran, strategi pemasaran yang lebih efektif tetap dibutuhkan agar produk yang dikembangkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25084 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Penginderaan Pasar, Pengembangan Produk Baru, Kinerja Pemasaran, Service-Dominant Logic, UMKM. |
Subjects: | M > M79 Market surveys |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr. Rafli Ade Subarkah |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:21 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31576 |
Actions (login required)
View Item |