HASANAH, Aura Fadhila Saharwati Nada (2025) Pengawasan Terhadap Pelayanan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Download (80kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (223kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (363kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (118kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Download (90kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Download (226kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah-F1B021022-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
Abstract
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas bertanggung jawab dalam mengawasi penyelenggaraan umrah. Namun, pengawasan tersebut belum mampu mengatasi berbagai penyimpangan, seperti penipuan, umrah non-prosedural, penelantaran jamaah, PPIU ilegal, hingga banyaknya aduan masyarakat tentang pelayanan umrah oleh PPIU. Sehingga, pemerintah perlu meningkatkan pengawasan yang lebih ketat dan menjangkau ke semua Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan terhadap pelayanan PPIU oleh Kankemenag Kabupaten Banyumas menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilihat dari empat langkah pengawasan menurut Sururama dan Amalia, yaitu: penetapan standar pengawasan, Kankemenag Kabupaten Banyumas telah menerapkan SOP pengawasan dan standar pelayanan bagi PPIU; pengukuran pelaksanaan kegiatan, dilakukan dengan inspeksi langsung menggunakan checklist pertanyaan terkait aspek pelayanan dan secara tidak langsung melalui teknologi informasi, meskipun belum maksimal karena belum menjangkau ke seluruh PPIU baik yang memiliki izin atau tidak, dan belum memiliki akses terhadap SISKOPATUH; perbandingan pelaksanaan dengan standar dan analisa penyimpangan, dilakukan melalui laporan hasil pengawasan dari hasil penilaian yang diperoleh; melakukan tindakan korektif dengan menyelenggarakan KIE, forum PPIU, memberikan edukasi kepada masyarakat dan PPIU. Namun, tindakan perbaikan belum maksimal dimana Kankemenag Kabupaten Banyumas belum melakukan pengecekan dan pengawasan kembali kepada PPIU yang melakukan penyimpangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | $F7X2*/F25070% |
Uncontrolled Keywords: | Pengawasan, Pelayanan PPIU, Kankemenag Kabupaten Banyumas |
Subjects: | S > S230 Service industries T > T289 Travel W > W231 Worship programs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Aura Fadhila Saharwati Nada Hasanah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:09 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 08:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31731 |
Actions (login required)
View Item |