Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Smp Negeri 2 Sumbang Tahun Pelajaran 2018/2019

DWI NITI WURIASIH, Dwi Niti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Smp Negeri 2 Sumbang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Dwi Niti Wuriasih-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dwi Niti Wuriasih-C1L015026-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (true experiment) dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Sumbang yang berujudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan hasil belajar kognitif antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar afektif antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil belajar psikomotorik antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (4) perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbang Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling diperoleh kelas VIII E sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu uji t independent sample test. Hasil penelitian yaitu: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional sebesar 81,29 > 72,4, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar afektif antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan psikomotorik antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (4) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan perolehan hasil penelitian dan kesimpulan penelitian, maka terdapat implikasi yang dapat disampaikan peneliti yaitu : bagi sekolah lebih memberikan perhatian tinggi terhadap sarana prasarana dan fasilitas yang menunjang diskusi dan presentasi kelompok, seperti pengadaan LCD di kelas, bagi guru diharapkan mampu mengaplikasikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai kreasi model pembelajaran mata pelajaran IPS, dengan mempertimbangkan rekomendasi dari peneliti berupa pertimbangan jumlah materi yang didiskusikan dengan waktu yang tersedia sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien, bagi siswa diharapkan dapat mengoptimalkan sistem belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sehingga dapat meningkatkan hasil belajar tida hanya berupa nilai saja namun juga peningkatan sikap kerjasama, gotong royong, disiplin belajar, dan sikap saling menghargai satu sama lainnya, bagi seneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan kordinasi matang dalam kordinasi dengan guru pengampun sehubungan dengan pertimbangan pembagian siswa aktif dan cerdas untuk disebar di setiap kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19096
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:29
Last Modified: 20 Dec 2019 07:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item