PUTRI, Defani Annisa Salsabila (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 5 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Download (207kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025-8-11 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Download (254kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Download (244kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Download (245kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Defani Annisa Salsabila Putri-C1L021028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 5 Purwokerto. Permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Ekonomi menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI F4 SMA Negeri 5 Purwokerto yang mengambil mata pelajaran Ekonomi, berjumlah 108 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah sampel sebanyak 72 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes pilihan ganda, wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U-test untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan wordwall lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah sekolah dapat mendorong guru untuk memilih model dan media pembelajaran yang menarik dan tidak monoton dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, seperti penggunaan model PBL berbantuan wordwall. Guru juga dapat mendorong partisipasi aktif siswa serta membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam aspek FRISCO melalui penerapan model pembelajaran tersebut. Siswa dapat terdorong untuk berpartisipasi secara aktif dan memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan wordwall.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25318 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis, |
| Subjects: | C > C716 Concept learning |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs. Defani Annisa Salsabila Putri |
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:19 |
| Last Modified: | 20 Jun 2025 08:19 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
