Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Permasalahan Development Language Disorder (DLD) pada Anak Tingkat Sekolah Dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia: Analisis Psikolinguistik-Naratif

KEMILAU, Ilma Ayu (2025) Permasalahan Development Language Disorder (DLD) pada Anak Tingkat Sekolah Dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia: Analisis Psikolinguistik-Naratif. Skripsi thesis, Jenderal Soedirman University.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-1-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2026.

Download (594kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-2-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-3-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2026.

Download (954kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-4-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-5-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf

Download (630kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ilma Ayu Kemilau-J1D021037-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur naratif lisan anak-anak tingkat sekolah dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia berdasarkan tema emosi positif dan negatif, serta mengidentifikasi karakteristik linguistik yang berkaitan dengan gejala Development Language Disorder (DLD). Latar belakang dari penelitian ini mengacu pada permasalahan anak tingkat sekolah dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia yang tidak melakukan keterampilan bahasa sesuai dengan perkembangan pada fase anak-anak (childhood) dan juvenility. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian psikologi kualitatif deskriptif dengan metode penelitian Grounded Theory. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks naratif lisan berdasarkan pengalaman emosi positif dan emosi negatif yang dihasilkan oleh anak tingkat sekolah dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap. Penelitian ini menggunakan metode analisis psikologi diskursif dengan teknik pembacaan, teknik pengodean, dan teknik analisis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Analisis struktur teks naratif lisan yang dihasilkan anak tingkat sekolah dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia dengan tema emosi positif dan emosi negatif. (2) Keterkaitan hasil analisis teks naratif lisan yang dihasilkan anak tingkat sekolah dasar di Panti Asuhan Harapan Mulia dengan DLD. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kedua naratif dengan tema emosi positif dan emosi negatif yang dihasilkan menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik DLD, seperti keterbatasan sintaksis, penguasaan kosakata yang minim, serta kesulitan dalam mengintegrasikan ide.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25194
Uncontrolled Keywords: psikolinguistik, development language disorder (DLD), naratif
Subjects: L > L54 Language disorders
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Ilma Ayu Kemilau
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:02
Last Modified: 11 Aug 2025 02:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35569

Actions (login required)

View Item View Item