Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Dilihat Dari Minat Belajar Siswa Kelas X IPA Man 1 Banyumas

NURAISSAH, Bunga (2019) Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Dilihat Dari Minat Belajar Siswa Kelas X IPA Man 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-2019.pdf.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bunga Nuraissah-C1L015032-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-2019.pdf.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-FEB-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-FEB-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-FEB-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-FEB-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-FEB-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-2019.pdf.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bunga Nuraissah-C1L015032-Skripsi-FEB-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang dilakukan di kelas X IPA MAN 1 Banyumas. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Penerapan Metode Make a Match Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Minat Belajar Siswa Kelas X IPA MAN 1 Banyumas”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh metode make a match terhadap hasil belajar dilihat dari minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA MAN 1 Banyumas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Purposive sampling method adalah teknik yang digunakan dalam penentuan sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan uji t dan uji regresi menunjukan bahwa : (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan metode make a match dan metode konvensional, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode make a match dan metode konvensional, (3) Metode make a match berpengaruh terhadap minat belajar siswa, (4) Metode make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (5) Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu Metode make a match lebih baik jika digunakan saat kegiatan belajar mengajar daripada hanya menggunakan metode konvensional, karena metode make a match dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pembelajaran dengan metode make a match lebih baik digunakan pada saat pembelajaran dibanding hanya memakai metode konvensional, karena metode make a match bisa membuat minat dan hasil belajar siswa jadi meningkat. Metode pembelajaran akan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Metode tipe make a match dapat menjadikan minat dan hasil belajar jadi lebih baik. Minat siswa dalam belajar tinggi menjadikan hasil belajarnya tinggi. Apabila siswa dalam pelaksanaan pembelajaran memiliki perasaan senang dalam belajar, tertarik dengan pembelajarannya, terlibat serta memusatkan perhatian yang lebih maka dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19285
Uncontrolled Keywords: metode make a match, metode konvensional, minat belajar, hasil belajar
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:57
Last Modified: 29 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3568

Actions (login required)

View Item View Item