JALALUDDIN, Ismail Aulia (2025) The Use of Code-Mixing by The English Teacher of SMKN 2 Purwokerto in The English Teaching Process. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Download (296kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2026. Download (462kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2026. Download (886kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2026. Download (447kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Download (277kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Download (323kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ismail Aulia Jalaluddin-J1E021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan campur kode (code-mixing) sebagai strategi pengajaran oleh seorang guru Bahasa Inggris di SMKN 2 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis campur kode yang paling dominan digunakan dalam proses pembelajaran serta mengeksplorasi bagaimana guru tersebut mengimplementasikannya dalam kegiatan mengajar. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan satu guru sebagai sampel yang dipilih secara purposive dari lima guru di SMKN 2 Purwokerto. Data dikumpulkan melalui observasi kelas non-partisipan, rekaman audio, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan model Descriptive Qualitative Analysis menurut Creswell (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan tiga jenis code-mixing, yaitu insertion (112 ujaran), alternation (61 ujaran), dan congruent lexicalization (30 ujaran), dengan insertion sebagai jenis yang paling dominan. Dari segi alasan pedagogis, guru menggunakan campur kode untuk beberapa tujuan, yaitu menekankan poin penting, memperkenalkan topik tertentu, mengulang untuk memperjelas, dan bertujuan memperjelas penyampaian materi. Alasan-alasan ini konsisten dengan teori yang dikemukakan oleh Hoffmann (1991). Penelitian ini menyimpulkan bahwa campur kode berfungsi sebagai alat pengajaran yang efektif untuk menjembatani kesenjangan bahasa dan meningkatkan pemahaman siswa dalam konteks kelas multibahasa. Disarankan agar guru Bahasa Inggris secara bertahap meningkatkan penggunaan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran dengan tetap menjaga kejelasan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi dampak campur kode terhadap perkembangan bahasa, motivasi, dan keterlibatan siswa di kelas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25144 |
| Uncontrolled Keywords: | classroom instruction, English teaching, multilingual classroom, Muysken’s code-mixing, teaching strategy |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs Ismail Aulia Jalaluddin |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:21 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 08:21 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
