BILQI, Ellies (2025) The Effectiveness of Using Animation Videos From English Singsing Channel for Young Learners to Improve Students' Vocabulary Mastery (Pre-Experimental Research at Grade 5C of SDN 1 Grendeng in the Academic Year of 2024/2025). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Download (202kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Download (193kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (149kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (369kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (518kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Download (133kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Download (207kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ellies Bilqi-J1E021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Belakangan ini, sumber daya multimedia semakin berperan penting dalam pembelajaran bahasa, terutama bagi pelajar muda. Video animasi yang memadukan elemen visual dan audio mampu membuat pembelajaran kosakata menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan persepsi siswa terhadap penggunaan video animasi dari kanal YouTube English Singsing dalam meningkatkan kosakata siswa kelas 5C di SDN 1 Grendeng tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain satu kelompok pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes kosakata dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test dan skala Likert. Hasil tes menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 48.13 pada pra-tes menjadi 77.50 pada pasca-tes, dengan uji-t sampel berpasangan menghasilkan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Kuesioner mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan video animasi, menganggapnya menyenangkan, menarik, dan membantu dalam mengingat kosakata baru. Dengan demikian, (1) penggunaan video animasi dari saluran English Singsing efektif meningkatkan penguasaan kosakata siswa, dan (2) siswa menunjukkan persepsi positif terhadap media ini. Guru disarankan untuk menggunakan video animasi sebagai alat pendukung dalam pengajaran kosakata
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25216 |
| Uncontrolled Keywords: | animation videos, English Singsing, English vocabulary, vocabulary mastery, young learners |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs Ellies Bilqi |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:42 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:42 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
