Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peran Media Kepercayaan dan Brand Image pada Pengaruh antara Social Media Marketing terhadap Purchase Intention (Study pada pengguna Layanan Shopeefood)

MUKHSONI, Sellyna Afwa (2025) Peran Media Kepercayaan dan Brand Image pada Pengaruh antara Social Media Marketing terhadap Purchase Intention (Study pada pengguna Layanan Shopeefood). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2026.

Download (226kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2026.

Download (253kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2026.

Download (408kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sellyna Afwa Mukhsoni-C2C021056-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Social Media Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang semakin penting dalam era digital, terutama dalam memengaruhi perilaku dan keputusan pembelian konsumen. Namun, meskipun banyak perusahaan telah memanfaatkannya, pemahaman mendalam tentang mekanisme bagaimana social media marketing memengaruhi purchase intention masih perlu dikaji, khususnya terkait peran variabel mediasi. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap purchase intention, namun ada juga yang menemukan hasil sebaliknya atau pengaruh yang lemah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan hubungan tersebut dengan menempatkan kepercayaan dan brand image sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi pengguna media sosial yang pernah melakukan pembelian online di Indonesia. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 275 orang. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa: (1) Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, brand image, dan purchase intention. (2) Kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention.(3) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.(4) Kepercayaan tidak memediasi pengaruh social media marketing terhadap purchase intention. (5) Brand image memediasi pengaruh social media marketing terhadap purchase intention. Dengan demikian, tidak semua hipotesis dalam penelitian ini terbukti signifikan. Hasil ini memberikan kontribusi pada literatur dengan menegaskan bahwa peran kepercayaan dalam mendorong niat beli belum tentu selalu dominan, sementara brand image terbukti lebih konsisten sebagai variabel mediasi. Rekomendasi ke depan, penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel, seperti perbedaan antar generasi atau pengelompokan jenis produk tertentu, untuk membandingkan peran social media marketing terhadap purchase intention melalui kepercayaan dan brand image.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225294
Subjects: B > B337 Brand name products
M > M80 Marketing
P > P668 Purchasing
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Sellyna Afwa Mukhsoni
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:59
Last Modified: 25 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36905

Actions (login required)

View Item View Item