Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Implementation of Kahoot! Game as an Ice-Breaking Media to Improve Students’ Interest in Learning Grammar (A Descriptive Qualitative Research of 10th Grade Students of SMA N 5 Purwokerto in the Academic Year of 2025/2026)

HASNA, Rofifah Alyandri (2025) The Implementation of Kahoot! Game as an Ice-Breaking Media to Improve Students’ Interest in Learning Grammar (A Descriptive Qualitative Research of 10th Grade Students of SMA N 5 Purwokerto in the Academic Year of 2025/2026). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2026.

Download (279kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2026.

Download (377kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2026.

Download (314kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rofifah Alyandri Hasna-J1E020048-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Kahoot! sebagai media ice-breaking untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran tata bahasa (grammar). Tata bahasa, sebagai aspek fundamental dalam bahasa Inggris, sering dianggap sulit dan monoton oleh siswa sehingga menurunkan keterlibatan dan motivasi belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kahoot! diterapkan dalam pembelajaran grammar guna menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 5 Purwokerto pada tahun ajaran 2025/2026 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tiga instrumen, yaitu observasi kelas yang dilakukan oleh peneliti, kuesioner yang diisi oleh siswa kelas X, serta wawancara yang dilakukan dengan guru bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi permainan Kahoot! sebagai media ice-breaking dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran grammar, (2) respon siswa terhadap penggunaan Kahoot!, dan (3) tantangan yang dihadapi dalam implementasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kahoot! berhasil diimplementasikan secara efektif sebagai aktivitas ice-breaking yang mampu mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran grammar. Hasil kuesioner mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif dengan peningkatan minat dan motivasi belajar. Namun, wawancara dengan guru menunjukkan adanya beberapa kendala, seperti keterbatasan kedalaman materi grammar yang dapat disampaikan melalui Kahoot! serta kendala teknis selama pelaksanaan. Dengan demikian, Kahoot! dapat dipandang sebagai media pendukung yang efektif untuk meningkatkan antusiasme siswa, meskipun tidak dapat sepenuhnya menggantikan pengajaran grammar yang komprehensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25239
Uncontrolled Keywords: Kahoot! game, ice-breaking media, student interest, grammar learning, game-based learning
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Rofifah Alyandri Hasna
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:54
Last Modified: 28 Aug 2025 01:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37128

Actions (login required)

View Item View Item