SUKIRMAN, Sukirman (2014) Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen (SIM) Studi Kasus Implementasi Sistem Informasi Pendidikan Pada SMK Negeri 1 Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Download (775kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Anstrak)
3 ABSTRAK SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Download (775kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB 1 SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2026. Download (719kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2026. Download (874kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 ABB IV SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Download (772kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA SUKIRMAN-P2CC11041.pdf Download (870kB) |
Abstract
Peranan informasi dalam sebuah organisasi sangat penting sehingga diibaratkan sebagai aliran darah dalam tubuh manusia. Sejalan dengan itu maka implementasi sistem informasi manajemen yang didukung oleh teknologi informasi menjadi sebuah kebutuhan pokok dalam setiap organisasi, termasuk lembaga pendidikan. Akan tetapi di sisi lain, kecanggihan teknologi sistem informasi sering tidak memberikan dampak yang berarti jika belum dikelola dengan baik. Berkaitan dengan itu maka diperlukan adanya evaluasi terhadap implementasi sistem informasi manajemen dalam sebuah organisasi. Penelitian ini mengkaji aspek kepuasan pengguna (user satisfaction) dalam sistem informasi manajemen pendidikan di SMK Negeri 1 Purwokerto. Model penelitian didasarkan pada model kesusksesan sistem informasi DeLone & McLean dengan adaptasi seperlunya. Variabel penelitian terdiri dari kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), kualitas pelayanan (servicequality), kepuasan pengguna (user satisfaction) dan dampak individu (individual impact). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 orang responden.Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS versi 21.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan (serice quality) terbukti mempengaruhi secara positif kepuasan pengguna (user satisfaction), dan selanjutnya kepuasan pengguna mempengaruhi secara positif dampak individu (individual impact). Variabel kepuasan pengguna (user satisfaction) juga terbukti memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan dampak individu (individual impact). Sedangkan dua variabel lainnya, yaitu kualitas sistem (system quality) dan kualitas informasi (information quality) tidak terbukti mempengaruhi kepuasan penguna (user satisfaction). Begitu juga variabel kepuasan pengguna tidak terbukti memediasi hubungan antara variabel kualitas sistem dan kualitas informasi dengan variabel dampak individu. Kesimpulan penelitian ini adalah pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan pengguna sistem informasi.Selanjutnya kepuasan pengguna sistem informasi dapat meningkatkan kinerja individu. Kepuasan pengguna dapat menjadi mediator antara kualitas pelayanan dengan dampak individu.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | M > M36 Management information systems |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:22 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:22 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
