AKMALIA, Putri Etsa (2025) Pre-Service English Teachers’ Perceptions of The Technological Knowledge Implementation in Practicing English Microteaching (A Narrative Inquiry Study on Fourth Semester Students of English Education Study Program at Jenderal Soedirman University academic year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Download (274kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Download (241kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2026. Download (276kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2026. Download (302kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2026. Download (250kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Download (183kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Download (267kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Putri Etsa Akmalia-J1E020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas persepsi, manfaat, dan tantangan yang dialami oleh mahasiswa calon guru Bahasa Inggris dalam mengimplementasikan pengetahuan teknologi selama pelaksanaan mata kuliah Microteaching. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan narrative inquiry. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa angkatan 2022 dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Jenderal Soedirman. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik berdasarkan kerangka Braun dan Clarke (2016) untuk data wawancara, serta analisis dokumen berdasarkan kerangka Merriam dan Tisdell (2016) untuk analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini juga menggunakan teori dari Koehler dan Mishra (2009) serta Maba (2017) untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, mahasiswa calon guru memandang pengetahuan teknologi sebagai bagian penting dari pengajaran yang efektif dan memerlukan pembelajaran serta adaptasi yang berkelanjutan. Mereka melihat teknologi sebagai alat yang berharga untuk meningkatkan penyampaian materi, keterlibatan siswa, dan penilaian pembelajaran. Kedua, penerapan pengetahuan teknologi memberikan beberapa manfaat, seperti peningkatan partisipasi siswa, efisiensi pengajaran, serta dukungan terhadap pembelajaran kolaboratif dan mandiri. Ketiga, tantangan yang dihadapi meliputi masalah teknis, keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan formal atau dukungan institusi, dan permasalahan pengelolaan kelas yang berkaitan dengan penggunaan teknologi. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru menyadari pentingnya pengetahuan teknologi, namun masih memerlukan lebih banyak bimbingan dan dukungan institusional untuk menggunakannya secara efektif. Oleh karena itu, disarankan agar program pendidikan guru menyediakan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan untuk membantu calon guru mengintegrasikan teknologi dengan baik dan benar dalam praktik pengajaran mereka.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25276 |
| Uncontrolled Keywords: | Calon Guru, Microteaching, Pengajaran Bahasa Inggris, Pengetahuan Teknologi, Persepsi |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs Putri Etsa Akmalia |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:29 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 02:29 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
