FAHRANI, Najmillah Shania (2025) The Students’ Perception on the Implementation of the Teaching Methods Used by the English Teacher in Boosting Students’ Participation. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Download (224kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Download (312kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 November 2026. Download (409kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 November 2026. Download (623kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 November 2026. Download (442kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Download (342kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Download (322kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Najmillah Shania Fahrani-J1E021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini disebabkan karena peneliti ingin mengetahui metode pengajaran seperti apa yang diterapkan oleh guru dan bagaimana pengaruhnya terhadap siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode pengejaran bahasa Inggris apa yang sering digunakan oleh guru, (2) mengetahui bagaimana realisasi metode pengajaran bahasa Inggris dapat mempengaruhi pembelajaran siswa, dan (3) memahami persepsi siswa terhadap pengimplementasian metode pengajaran bahasa Inggris yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian melibatkan satu guru dan 35 siswa di kelas yang sama di XII TK-1, SMK Negeri 2 Purwokerto. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Setelah itu, peneliti menganalisis data tersebut menggunakan analisis deskriptif, naratif, dan tematik. Observasi digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua, sedangkan wawancara digunakan untuk memperkaya pertanyaan penelitian pertama dan menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Penelitian ini menunjukan bahwa guru umumunya menggunakan metode Tata Bahasa- Terjemahan dan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam kegiatan pembelajaran. Guru seringkali menggunakan dua pertemuan untuk mengajarkan satu materi. Pertemuan pertama berfokus pada materi, dan pertemuan kedua digunakan siswa untuk mengerjakan latihan dan praktik. Selain itu, persepsi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru juga berbeda-beda. Beberapa siswa merasa kegiatan pembelajaran menyenangkan dan efektif, sementara yang lain merasa kegiatan pembelajaran membosankan. Penelitian ini merekomendasikan guru agar mengeksplorasi pembelajaran berbasis masalah sebagai penelitian tindakan dan kegiatan belajar mengajar di kelas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25280 |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran bahasa Inggris, Persepsi Siswa, Implementasi Metode Pengajaran |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs. Najmillah Shania Fahrani |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:17 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:17 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
