Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Membangun Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Motif Budaya Daerah (Regiocultural) Pada IKM Batik di Wilayah Ciayumajakuning

ROIS, Tatang (2025) Membangun Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Motif Budaya Daerah (Regiocultural) Pada IKM Batik di Wilayah Ciayumajakuning. Doctoral thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover Tatang Rois C3A021003.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas Tatang Rois C3A021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak Tatang Rois C3A021003.pdf

Download (928kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I Tatang Rois C3A021003.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II Tatang Rois C3A021003.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.

Download (8MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III Tatang Rois C3A021003.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV Tatang Rois C3A021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V Tatang Rois C3A021003.pdf

Download (742kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka Tatang Rois C3A021003.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran Tatang Rois C3A021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini didasari karena adanya perbedaan penelitian mengenai pengaruh kapabilitas inovasi terhadap kinerja pemasaran, dimana terdapat peneliti yang menyatakan berpengaruh dan tidak berpengaruh. UKM di Indonesia memiliki peran penting, tetapi masih dihadapkan dengan masalah, terutama dengan kinerja pemasaran. Berdasarkan pada masalah, maka untuk menyelesaikannya dibangun suatu model kebaruan sebagai variabel mediasi, yaitu keunggulan motif regiocultural. Keunggulan motif regioculural merupakan sintesa dari resourcce advantage theory and competition dan cultural identity theory. Penelitian ini melibatkan peran variabel lain yang berkaitan, yaitu kemampuan eksplorasi dan kemampuan penetrasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian dasar kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah IKM batik di wilayah Ciayumajakuning (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan) Provinsi Jawa Barat. Ukuran sampel ditetapkan sebanyak 200 responden menggunakan metode disproportionate random sampling. Pengumpulan data bersumber dari data primer melalui penyebarkan kuisioner dan data sekunder melalui penelusuran data yang terpublikasi. Pengukuran variabel menggunakan skala interval dengan Teknik agree-disagree scale. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS (Analysis of Moment Structure). Simpulan penelitian menyatakan bahwa kemampuan eksplorasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kapabilitas inovasi, kapabilitas inovasi memiliki peran penting dalam meningkatkan keunggulan motif regiocultural dan kinerja pemasaran, keunggulan motif regiocultural memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan penetrasi pasar dan kinerja pemasaran, serta keunggulan motif regiocultural memediasi pengaruh kapabilitas inovasi terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan simpulan tersebut sehingga penelitian ini memiliki peran penting dalam menyelesaikan riset gap dan masalah yang dihadapi UKM. Penelitian ini menyarankan untuk penelitian mendatang agar melakukan pembaharuan data IKM batik di Ciayumajakuning, mengakomodir kepentingan dari sisi konsumen dengan mengadopsi teori co-creation, dan dilakukan pada industri lain selain batik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Nomor Inventaris: P325010
Subjects: M > M80 Marketing
P > P142 Performance
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Mr. TATANG ROIS
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:40
Last Modified: 26 Nov 2025 01:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38428

Actions (login required)

View Item View Item