Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Preferensi Pembelian Barang di Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman

HANDAYANI, Kinen (2025) Preferensi Pembelian Barang di Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf

Download (301kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2026.

Download (412kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2026.

Download (532kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2026.

Download (553kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf

Download (306kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kinen Handayani-C1A020033-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi digital yang semakin pesat membawa perubahan besar dalam perilaku konsumsi masyarakat, termasuk Indonesia. Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia berhasil mendominasi pasar dengan jumlah kunjungan tertinggi karena adanya persepsi harga, pendapatan, kemudahan penggunaan, keamanan akun, cashless payment, dan promosi rutin tanggal kembar. Penelitian ini memilih mahasiswa FEB Unsoed sebagai objek penelitian karena FEB merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Unsoed, sehingga relevan untuk melihat pola konsumsi belanja online pada kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, pendapatan, kemudahan penggunaan, keamanan akun, cashless payment, dan promosi rutin tanggal kembar baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 mahasiswa aktif FEB Unsoed dari angkatan 2022 sampai 2024. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda menggunakan metode OLS (Ordinary Least Square) dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara bersama-sama persepsi harga, pendapatan, kemudahan penggunaan, keamanan akun, cashless payment, dan promosi rutin tanggal kembar berpengaruh signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. (2) Secara parsial, persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. (3) Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. (4) Kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. (5) Keamanan akun tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. (6) Cashless payment berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. (7) Promosi rutin tanggal kembar berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi pembelian barang di Shopee. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Shopee untuk meningkatkan strategi pemasaran, seperti menjaga stabilitas harga, menyesuaikan pendapatan konsumen, memperbaiki fitur keamanan akun, menambah fitur yang mudah digunakan, memperkuat sistem pembayaran digital, dan mengoptimalkan program promosi tanggal kembar. Dengan demikian, preferensi pembelian barang di Shopee terus meningkat sehingga Shopee mampu mempertahankan dominasinya sebagai platform belanja online terbesar di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25518
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen, Persepsi Harga, Pendapatan, Kemudahan Penggunaan, Keamanan Akun, Cashless Payment, dan Promosi Rutin Tanggal Kembar
Subjects: P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs. Kinen Handayani
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:59
Last Modified: 03 Dec 2025 06:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38571

Actions (login required)

View Item View Item