Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Perbaikan Minuman dan Sirup Jeniper (Jeruk Nipis Peres) Berdasarkan Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen

PRAMUDITA, Sarah Eka (2019) Strategi Perbaikan Minuman dan Sirup Jeniper (Jeruk Nipis Peres) Berdasarkan Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1.COVER-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
2.LAGALITAS-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
4.BAB-I-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB-II-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB-III-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB-IV-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB-V-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-Sarah Eka Pramudita-A1F015015-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CV. Mustika Flamboyant adalah salah satu UKM yang ada di Kabupaten Kuningan dan bergerak di bidang pengolahan jeruk nipis yang diberi merk Jeruk Nipis Peres (JENIPER), produk yang telah dihasilkan berupa sirup dan minuman. Dalam satu kali produksi menggunakan 1 ton jeruk nipis dapat menghasilkan 4500 botol sirup atau 5500 botol minuman. JENIPER adalah UKM pertama yang memproduksi minuman dan sirup jeruk nipis di Kabupaten Kuningan, namun seiring dengan meningkatnya permintaan pasar mulai tumbuh UKM pesaing. CV. Mustika Flamboyant perlu mengetahui tingkat kepuasan konsumen untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan minuman dan sirup JENIPER menggunakan marketing mix agar JENIPER dapat memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis prioritas atribut perbaikan berdasarkan tingkat kepuasan, kepentingan dan kesesuaian konsumen terhadap minuman dan sirup JENIPER. 2) Merekomendasikan strategi perbaikan berdasarkan prioritas atribut perbaikan. 3) Menganalisis indeks kepuasan konsumen terhadap minuman dan sirup JENIPER. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan berdasarkan kuesioner. Responden pada penelitian ini menggunakan metode purpose sampling yaitu konsumen CV Mustika Flamboyant yang pernah sedikitnya satu kali mengkonsumsi produk JENIPER selama tiga bulan terakhir dan memiliki usia yang telah dewasa yaitu lebih dari atau sama dengan 17 tahun. Pada penelitian ini menggunakan responden penelitian sebanyak 100 orang. Uji yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reabilitas kuisioner, profil konsumen dengan uji deskriptif, Importance Performance Analysis untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan dan indeks kepuasan konsumen. Atribut minuman JENIPER yang diamati pada variabel produk (rasa asam, rasa manis, rasa khas jeruk nipis, after taste, aroma khas jeruk nipis, kekentalan, kekeruhan, kenampakan warna, ukuran botol, pengawet makanan dan umur simpan); variabel kemasan (warna kemasan botol, jenis kemasan primer dan kemasan sekunder, kemudahan membuka kemasan primer dan kemasan sekunder, kekuatan kemasan primer dan kemasan sekunder, kepraktisan mengonsumsi, design kemasan primer dan kemasan sekunder); variabel promosi dan harga (promosi melalui pameran, spanduk, website, brosur, mouth to mouth, diberikannya bonus, diberikannya diskon dan harga produk); variabel tempat penjualan (penjualan di toko oleh-oleh, pasar tradisional, pasar modern dan rumah produksi). Atribut sirup JENIPER yang diamati pada variabel produk (rasa asam, rasa manis, rasa khas jeruk nipis, after taste, aroma khas jeruk nipis, kekentalan, kekeruhan, kenampakan warna, ukuran botol, pengawet makanan dan umur simpan); variabel kemasan (warna kemasan botol, jenis kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier, kemudahan membuka kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier, kekuatan kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier, kepraktisan mengonsumsi, design kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier); variabel promosi dan harga (promosi melalui pameran, spanduk, website, brosur, mouth to mouth, diberikannya bonus, diberikannya diskon dan harga produk); variabel tempat penjualan (penjualan di toko oleh-oleh, pasar tradisional, pasar modern dan rumah produksi). Berdasarkan Importance Performance Analysis didapatkan hasil pada minuman JENIPER prioritas atribut perbaikan pertama yaitu promosi melalui diberikannya diskon, prioritas kedua yaitu warna kemasan botol dan prioritas terakhir yaitu kekuatan kemasan sekunder. Sedangkan pada sirup JENIPER prioritas perbaikan atribut pertama yaitu promosi melalui diberikannya diskon, prioritas kedua yaitu promosi melalui website, lalu pada prioritas atribut ketiga yaitu kekuatan kemasan sekunder, pada prioritas keempat yaitu terdapat atribut umur simpan, lalu pada atribut perbaikan kelima yaitu rasa manis, dan yang terakhir pada prioritas keenam yaitu atribut kekuatan kemasan primer. Strategi perbaikan mutu pada minuman JENIPER adalah pertama menambah potongan harga, kedua mengganti warna botol dan ketiga menambah kalimat peringatan pada label kemasan. Berdasarkan prioritas strategi perbaikan pada sirup JENIPER adalah pertama diberikannya diskon, kedua meng-update konten website, ketiga mengganti jenis kemasan sekunder, keempat meningkatkan kadar gula, kelima menambah konsentrasi gula dan menurunkan konsentrasi air perasan jeruk nipis, prioritas keenam menambah kalimat peringatan pada label kemasan. Indeks kepuasan pelanggan pada produk minuman JENIPER diperoleh hasil 0,7929 dan pada produk sirup mendapatkan hasil 0,7979 ini berarti pelanggan puas terhadap produk JENIPER.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19259
Uncontrolled Keywords: Sirup Jeniper, tingkat kepuasan, konsumen
Subjects: C > C417 Citrus fruits
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:40
Last Modified: 30 Jun 2020 01:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item