Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perlindungan Hukum terhadap Pengguna Jasa Kelistrikan sebagai Konsumen atas Kerugian Akibat Biaya Administrasi dari Sistem Payment Point Online Bank (PPOB) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi terhadap Putusan MA Nomor 773 K/PDT.SUS-BPSK/2015)

RAHARJO, Dimas Putra Rahmatullah (2017) Perlindungan Hukum terhadap Pengguna Jasa Kelistrikan sebagai Konsumen atas Kerugian Akibat Biaya Administrasi dari Sistem Payment Point Online Bank (PPOB) berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi terhadap Putusan MA Nomor 773 K/PDT.SUS-BPSK/2015). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Legalitas)
Lembar pengesahan_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Perlindungan hukum terhadap pengguna jasa kelistrikan sebagai konsumen atas kerugian akibat biaya administrasi dari sistem Payment Point Online Bank (PPOB) berdasarkan Undang-Undang Nomor8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan MA Nomor 773K/PDT.SUS-BPSK/2015)”. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimanaperlindungan hukum terhadap pengguna jasa kelistrikan akibat adanya biaya administrasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa buku-bukuliteratur, peraturan perundang-undangan, dokumen resmi dan situs-situs.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dimana menjelaskan uraian-uraian fakta hukum kemudian dikaitkan dengan hasil penelitian yang ada. Pertimbangan Majelis Hakim terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor773 K/Pdt.Sus-BPSK/2015 tanggal 27 Januari 2016 adalah Menolak permohonan Kasasi PT PLN Batam dan harus mengembalikan uang biaya administrasi bankyang dibayarkan oleh Eliyas Langoday selaku konsumen jasa kelistrikan. PutusanHakim tersebut sudah sesuai karena PT PLN Batam sudah melanggar hak konsumen berdasarkan Pasal 4 huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999Tentang Perlindungan Konsumen tentang informasi yang benar, jelas, dan jujur dan dalam Pasal 29 ayat (1) huruf c Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17321
Subjects: C > C792 Consumer protection
L > L106 Legal aid
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:38
Last Modified: 12 Aug 2020 07:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item