SIMAMORA, Natalia BR (2018) Analisis Pengaruh Nilai Diri Terhadap Pemberdayaan Psikologis dan Komitmen Organisasional (Studi Kasus pada Guru-guru SMA 4 Purwokerto ). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Download (189kB) |
|
PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Download (404kB) |
|
PDF (BabI)
4.BAB-I-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
PDF (BabII)
5.BAB-II-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
PDF (BabIII)
6.BAB-III-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
PDF (BabIV)
7.BAB-IV-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8.BAB-V-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9.DAPUS-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Download (288kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-NATALIA BR SIMAMORA-C1B014050-SKRIPSI 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Nilai Diri terhadap Pemberdayaan Psikologis dan Komitmen Organisasional (Studi Kasus pada Guru SMAN 4 Purwokerto)”. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya pengaruh nilai diri terhadap pemberdayaan psikologis dan komitmen organisasional. Metode yang digunakan adalah survey dengan jumlah responden sebanyak 44 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi bertahap dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan regresi bertahap, menunjukkan bahwa (1) Nilai Diri berpengaruh positif terhadap meaning. (2) Nilai Diri berpengaruh positif terhadap competance (3) Nilai Diri berpengaruh positif terhadap self determination. (4) Nilai Diri tidak berpengaruh terhadap impact. (5) Meaning berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. (6) Competance tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi. (7) Self Determination tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi. (8) Impact berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Implikasi dari penelitian ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan komitmen organisasi guru pada SMAN 4 Purwokert. Dari hasil penelitian yang didapat, maka dapat dilihat bahwa secara keseluruhan meaning yang dipengaruhi oleh nilai diri secara langsung mampu juga mempengaruhi komitmen organisasi yang artinya dalam usaha yang dilakukan untuk meningkatkan komitmen maka dalam melakukan pemberdayaan organisai perlu memperhatikan dimensi meaning dan impact. Peningkatan dimensi meaning dapat dilakukan dengan usaha meningkatan nilai diri. Peningkatan nilai diri ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keyakinan diri dan belajar untuk selalu menghargai diri sendiri, serta terus mengembangkan potensi atau sisi positif yang dimiliki. Untuk meningkatkan nilai diri, organisasi dapat melakukan outing atau family gathring dimana hal ini akan membuat guru merasa bahwa dirinya memang menjadi bagian penting dalam organisasi serta meningkatakan hubungan kekeluargaan antara setiap guru sehingga guru teresebut terikat secara emosional dengan organisasi. Organisasi juga dapat melakukan seminar inovatif atau sharing internal untuk memotivasi para guru dalam melakukan pekerjaannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18397 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai diri, pemberdayaan psikologis, komitmen organisasi. |
Subjects: | P > P170 Personality Psychology Self |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5120 |
Actions (login required)
View Item |