Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Unit Pelayanan Umum di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

ARAFAH, Farihatun (2018) Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Unit Pelayanan Umum di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman (RSGM Unsoed) Purwokerto mengalami fluktuasi jumlah kunjungan pasien lama mulai dari tahun 2013 sampai tahun 2016. Jumlah kunjungan yang berfluktuasi tersebut menandakan kunjungan pasien belum stabil. Penurunan jumlah pasien lama mengindikasikan adanya loyalitas pasien yang menurun maka penting bagi RSGM Unsoed untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat melalui pendekatan bauran pemasaran. Bauran pemasaran jasa terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bikti fisik, dan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses) dengan loyalitas pasien Unit Pelayanan Umum (UPU) RSGM Unsoed Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Sampel berjumlah 96 responden. Sampel pada penelitian ini adalah pasien lama yang berkunjung ke UPU RSGM Unsoed. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara bauran pemasaran harga (pvalue= 0,013 < 0,05), promosi (p-value= 0,039 < 0,05), orang (p-value= 0,000 < 0,05), dan bukti fisik (p-value= 0,004 < 0,05) dengan loyalitas pasien. Bauran pemasaran produk (p-value= 0,145 > 0,05), tempat (p-value= 0,795 > 0,05), dan proses (p-value= 0,230 > 0,05) tidak memiliki hubungan dengan loyalitas pasien. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara bauran pemasaran harga, promosi, orang, dan bukti fisik dengan loyalitas pasien UPU di RSGM Unsoed Purwokerto sedangkan bauran pemasaran produk, tempat, dan proses tidak memiliki hubungan dengan loyalitas pasien UPU di RSGM Unsoed Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G18134
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran, loyalitas pasien, RSGM
Subjects: L > L331 Loyalty
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Mrs Rahma Siwi Utami
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:22
Last Modified: 25 Nov 2020 07:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item View Item