ARAFAH, Farihatun (2018) Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Unit Pelayanan Umum di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Download (147kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Farihatun Arafah-G1G013007-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman (RSGM Unsoed) Purwokerto mengalami fluktuasi jumlah kunjungan pasien lama mulai dari tahun 2013 sampai tahun 2016. Jumlah kunjungan yang berfluktuasi tersebut menandakan kunjungan pasien belum stabil. Penurunan jumlah pasien lama mengindikasikan adanya loyalitas pasien yang menurun maka penting bagi RSGM Unsoed untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat melalui pendekatan bauran pemasaran. Bauran pemasaran jasa terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bikti fisik, dan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses) dengan loyalitas pasien Unit Pelayanan Umum (UPU) RSGM Unsoed Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Sampel berjumlah 96 responden. Sampel pada penelitian ini adalah pasien lama yang berkunjung ke UPU RSGM Unsoed. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara bauran pemasaran harga (pvalue= 0,013 < 0,05), promosi (p-value= 0,039 < 0,05), orang (p-value= 0,000 < 0,05), dan bukti fisik (p-value= 0,004 < 0,05) dengan loyalitas pasien. Bauran pemasaran produk (p-value= 0,145 > 0,05), tempat (p-value= 0,795 > 0,05), dan proses (p-value= 0,230 > 0,05) tidak memiliki hubungan dengan loyalitas pasien. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara bauran pemasaran harga, promosi, orang, dan bukti fisik dengan loyalitas pasien UPU di RSGM Unsoed Purwokerto sedangkan bauran pemasaran produk, tempat, dan proses tidak memiliki hubungan dengan loyalitas pasien UPU di RSGM Unsoed Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G18134 |
Uncontrolled Keywords: | Bauran pemasaran, loyalitas pasien, RSGM |
Subjects: | L > L331 Loyalty M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Mrs Rahma Siwi Utami |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 07:22 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 07:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6547 |
Actions (login required)
View Item |