FITRIANI, Aynun (2018) Perbedaan Efektifitas Pendidikan Kesehatan Antara Ceramah dan Diskusi Kelompok Dengan Poster Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Wanita Dalam Menghadapi Menopause. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1 COVER.pdf Download (318kB) |
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) |
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
PDF (BabI)
4 BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
PDF (BabII)
5 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
PDF (BabIII)
6 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
PDF (BabV)
8 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Wanita memiliki respon yang berbeda terhadap keluhan menjelang menopause tergantung pada kesiapan dalam menghadapi menopause. Ceramah dan diskusi kelompok dengan poster dimungkinkan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapan menghadapi menopause. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas ceramah dan diskusi kelompok dengan poster terhadap pengetahuan dan kesiapan menghadapi menopause. Metode: Desain penelitian menggunakan quasy experimental pretest and posttest with control group. Besar sampel 34 responden dari 1.938 populasi yang terbagi menjadi kelompok ceramah dan diskusi kelompok dengan poster. Teknik sampling menggunakan consecutive sampling. Instrumen menggunakan kuesioner kesiapan menopause. Data dianalisis menggunakan Uji t test, Wilcoxon, dan Mann-Whitney. Hasil: Karakteristik responden rerata usia kelompok ceramah dan diskusi kelompok dengan poster yaitu 46,59 dan 44,41 tahun, mayoritas berpendidikan SD, berpenghasilan rendah dan berpengetahuan baik. Tidak terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah ceramah (p=0,207), pada diskusi kelompok dengan poster terdapat perbedaan (p=0,002). Terdapat perbedaan kesiapan wanita dalam menghadapi menopause sebelum dan sesudah ceramah (p=0,005) dan diskusi kelompok dengan poster (p=0,009). Terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan (p=0,011) dan kesiapan menopause (p=0,018) antara ceramah. dan diskusi kelompok dengan poster. Kesimpulan: Diskusi kelompok dengan poster lebih efektif dibandingkan ceramah dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapan wanita dalam menghadapi menopause.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G18209 |
Uncontrolled Keywords: | Diskusi Kelompok, Kesiapan, Menopause, Poster |
Subjects: | H > H53 Health education M > M232 Menopause W > W170 Women |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Users 1041 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 03:47 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 03:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7700 |
Actions (login required)
View Item |