The Influences of Festivalscape to Emotional and Authenticity Experience, to Visitor Satisfaction, and to Revisit Intention (Study on Visitor of Festival Jenang Solo 2017)

SUDIRO, Dedy Aditya (2017) The Influences of Festivalscape to Emotional and Authenticity Experience, to Visitor Satisfaction, and to Revisit Intention (Study on Visitor of Festival Jenang Solo 2017). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian awal Tugas Akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
daftar Pustaka_1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya dan sumber daya alamnya. Kedua hal tersebut merupakan sebuah anugerah yang semestinya dapat di maksimalkan guna meningkatkan ekonomi dan menjaga kelestarian alam dan juga budaya. Salah satu cara untuk merealisasikannya yaitu dengan menyelenggarakan sebuah festival. Penelitian ini adalah studi tentang pengaruh festivalscape (program festival, staff, fasilitas, dan makanan dan minuman) terhadap pengalaman emosional dan otentik, terhadap kepuasan pengunjung, yang juga mempengaruhikecenderungan untuk berkunjung kembali pada Festival Jenang Solo 2017. Dengan menggunakan PLS (Partial Least Square) sebagai alat analisis,hasil dari outer model, inner model, dan pengujian hipotesis menggunakan T-tes adalah sebagai berikut: (1) Festivalscape (program festival, panitia, dan makanan dan minuman) mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap pengalaman emosional. (2) Festivalscape (program festival dan makanan dan minuman) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman otentik. (3) Pengalaman emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.(4)Pengalaman otentik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. (5) Kepuasan pengunjung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan untuk berkunjung kembali. Implikasi dari penjelasan diatas, menyatakan bahwa Festival Jenang Solo harus lebih memperhatikan dan man meningkatkan kualitas dari festivalscape yang ada karena dapat memberikan pengalaman emosional dan otentik terhadap pengunjung. Dengan meningkatnya pengalaman emosional dan otentik pengunjung maka otomatis akan meningkatkan tingkat kepuasan pengunjung tersebut. Pengunjung yang puas terhadap sebuah festival akan memiliki kecenderungan kembali di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C17234
Uncontrolled Keywords: Festivalscape,Pengalaman Emosional,Pengalaman Otentik,Kepuasan Pengunjung,Kecenderungan Berkunjung Kembali.
Subjects: C > C793 Consumers
L > L331 Loyalty
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 11 Mar 2020 04:08
Last Modified: 11 Mar 2020 04:08
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year